‎Bawaslu Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat Jaga Pemilu Damai

150

kabartuban.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 yang tinggal menghitung hari, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban terus menghimbau kepada semua pihak terutama petugas partai untuk menyelenggarakan pemilu damai dan aman.‎

Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sulamul Hadi saat di acara sosialisasi tersebut menyampaikan, pesta demokrasi akan segera digelar dan tinggal menunggu gongnya, untuk itu maka diperlukan adanya sinergitas atas lembaga terkait, baik peserta pemilu, penyelenggara baik KPU maupun pengawas dan keamanan.

“Kegiatan ini untuk terus menjaga silaturahmi antar lembaga, disamping itu untuk menegaskan kepada partai politik terkait beberapa kekawatiran mereka dari hasil pengawasan kami,” ungkap Sulamul Hadi. Kamis, (11/04/2019).

Lebih lanjut Gus Hadi sapaan akrab ketua Bawaslu Tuban ini menambahkan bagaimana solusi dari kekhawatiran mereka terkait proses akhir dari pesta demokrasi yakni terkait rekap.

“Tidak ada hal-hal yang perlu dikawatirkan seperti mutasi suara di Tuban, Insya’ Allah hasil nanti bisa dipertanggung jawabkan,” lanjutnya.

Saat disinggung terkait adanya kerawanan baik jelang pencoblosan maupun sesudah berlangsungnya, Gus Hadi mengatakan beberapa kerawanan yang dikhawatirkan terkait adanya money politic jelang pemilihan atau pencoblosan. Meski begitu pihaknya telah menghimbau kepada semua pihak yang berkompeten untuk melakukan pengawasan dan berkoordinasi antar lembaga yang berwenang.

“Setidaknya kami, dalam hal ini Bawaslu, KPU, telah memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, kalaupun nantinya ada atau ditemukan money politic kami berharap masyarakat segera melaporkan kepada kami,” jelasnya.

Pria yang juga putra dari wakil ketua PWNU ini juga menjelaskan pihaknya telah memaksimalkan semua anggotanya hingga tingkat desa, diakui Pemilu kali ini merupakan pemilu pengabungan pertama kali maka perlu adanya pengawasan ekstra.

“Untuk KPU kita menghimbau agar di jajaran KPPS diberi pembekalan atau bimtek secara maksimal, disamping itu kami meminta untuk panwascam memberikan pembinaan dengan baik, sehingga nanti pengawas pemilu bukan hanya menjadi mengawasi tapi menjadi bagian dari susksesnya pelaksaaan pesta demokrasi,” jelas Sulamul Hadi. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE