10 SMA/SMK di Tuban, Tak Bisa Gelar UNBK Mandiri

406
MA Ash Shomadiyah Tuban saat melakukan simulasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional - Berbasis Komputer (UAMBN-BK)

kabartuban.com – Terdapat 10 dari 113 lembaga pendidikan setingkat SMA di Kabupaten Tuban belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mandiri. Hal ini dikarenakan sekolah tersebut belum ada sarana prasarana yang belum memadai, seperti gedung dan server untuk UNBK.

Data dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Tuban, tercatat 10 lembaga pendidikan tersebut, terdiri atas 4 SMK dan 6 SMA, sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA) sudah keseluruhan siap melakukan UNBK Mandiri.

“Semua statusnya swasta, tergolong sekolah baru dan ada juga yang belum terakreditasi. Sehingga tahun ini belum bisa melaksanakan UNBK mandiri,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Tuban, Edy Sukarno, Selasa (27/3/2018).

Siswa dari lembaga pendidikan itu, lanjutnya, nanti akan mengikuti UNBK di sekolah lain yang melaksanakan UNBK mandiri pada sekolah paling dekat, dan memungkinkan mereka mendapatkan jadwal waktu untuk melaksanakan ujian.

Sedangkan sebanyak 103 lembaga pendidikan setingkat SMA di wilayah itu sudah bisa melaksanakan UNBK mandiri. Terdiri dari 31 SMK, 32 SMK, dan 40 MA.

“Yang 103 sekolah sudah berhasil melakukan simulasi. Terakhir tanggal 12-14 Maret juga berhasil dalam gladi bersih UNBK. Kalau persiapan sudah 100%, jadi tinggal pelaksanaan saja, semoga tetap lancar,” imbuh tambah Edy.

Sebanyak 12.023  siswa setingkat SMA akan melaksanakan UNBK pada April nanti. Sesuai jadwal, untuk SMK akan mendahului dilaksanakan 2-5 April. Menyusul berikutnya SMA/MA akan dilaksanakan 9-12 April.

Sementara ke 10 sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK mandiri diantaranya, SMA Al Huda Tuban, SMK Darus Salam Soko, SMK Daruth Thalibin, SMK NU Palang, SMA Islam Thoriqul Huda Soko, SMA Katholik Santo Yusuf Tuban, SMA Insan Kamil Bancar, SMA Al Uswah Tuban, dan SMA Islamiyah Senori, serta SMK Islam Darun Najah Tambakboyo.

Kepala Sekolah SMA Al Uswah Tuban, Masrukin, saat dikonfirmasi mengatakan sekolah yang dipimpinnya untuk tahun ini belum bisa menyelenggarakan UNBK secara Mandiri,  karena selain baru beroperasi pada tahun 2017, pihaknya belum memiliki fasilitas gedung atau ruang yang digunakan dan server.

” Insyaallah tahun depan kita siap untuk melakukan UNBK Mandiri, ” sambung Masrukin.

Untuk saat ini, siswa dari SMA Al Uswah Tuban yang menumpang UNBK di SMAN 4 Tuban, terdapat 13 siswa.

Tak hanya itu, untuk Ujian Nasional Paket C juga akan dilaksanakan pada 27-30 April, lalu Paket B pada 4-7 Mei, terakhir Pendidikan Khusus (SLB) ujian nasional akan dilaksanakan 23-26 April 2018. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE