106 Anak ikuti Khitan Massal di Haul Syeh Asmoro Qondi

972
Salah satu perserta saat di khitan.

kabartuban.com – Rangkaian acara dalam rangka Haul Agung Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi (Ayah Sunan Ampel) tahun ini diisi dengan beragam kegiatan. Salah satunya khitanan masal gratis yang diikuti sebanyak 106 orang anak, Jumat (14/7/2017).

Pantauan kabartuban.com di lokasi kegiatan yakni disekitar makam wali tertua yang berada di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban itu diawali dengan ziarah makam bersama para peserta khitan dan orang tua peserta khitan.

“Ikut khitan disini agar mendapat barokah dari Mbah Asmoro Qondi,” kata Adi, didampingi keluarganya, salah satu peserta dari Labuhan, Lamongan.

Adi, mengaku senang mengikuti khitan itu karena juga mendapatkan uang tunai, sarung, peci dan baku taqwa.

“Ya senang kan juga banyak temannya, lucu dan ramai ada yang nangis,” ucap Adi, pelajar yang baru duduk di bangku kelas 5 SD ini.

Ketua Yayasan Maulana Ibrahim H. Rahmad, salah satu panitia haul menyatakan, khitan masal ini digelar salah satunya rangkaian acara haul mbah Asmoro Qondi.

“Rangkaian acara haul tahun ini mulai tanggal 10 dengan acara Tahtimul Qur’an bil qoib, Festival Banjari se – Nawa Timur, Pawai Ta’ruf, Pengajian umum, dan Khitanan Masal dan agenda terakhir Dzikir bersama,” kata Rahmad.

Dijelaskan, Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi merupakan Ayahanda Raden Rahmad atau Sunan Ampel Surabaya, selain itu beliau jua keturunan ke-9 Nabi Muhammad SAW, dan sebagai penyebar agama Islam di Tanah Jawa serta menjadi generasi pertama Wali Songo. (Dur)

/