Berawal dari Hobi Sang Anak, Pengusaha Ikan Hias Menuai Sukses

2814

kabartuban.com – Sulastri (55) seorang pengusaha ikan hias warga kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban,  Kabupaten Tuban saat ini tengah sukses dengan usaha yang digelutinya selama 20 tahun. Terbukti disekeliling pekarangan  rumahnya terpenuhi dengan berbagai jenis ikan hias.

Saat ditemui di rumahnya, Sulastri menceritakan, bisnis ikan hias tersebut bermula dari hobi sang anak yang suka memelihara ikan, dari hobi tersebut dia mengaku mulai mencoba memelihara ikan hias yang masih kecil-kecil.

“Saya beli ikan dari luar kota, mulai dari Blitar, Tulungagung, Kediri, hingga Surabaya, dan dulu waktu belanja ikan pertama kali itu belum tahu cara bawa pulangnya, jadi sampai rumah ikannya mati semua, dan  akhirnya harus nyari modal lagi buat beli ikan untuk dijual,” ungkapnya kepada kabartuban.com, Rabu (19/10/2016).

Dikatakan oleh Sulastri, untuk merawat ikan hias dibutuhkan ketelitian, dilain sisi ia harus membersihkan kolam dan mengurasnya jika sudah kelihatan kotor, serta memberi makan ikan dengan rutin dan teratur.

“Alhamdulillah, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang hobi memelihara ikan hias, baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa,”tuturnya.

Masih terang Sulastri, ada beberapa jenis ikan hias yang dijual, diantaranya ikan Arwana, ikan Lohan, ikan Koi, ikan Cupang, dan jenis ikan hias lainnya. Harga ikan beragam, mulai dari 500 Rupiah hingga 5 juta Rupiah, harga tersebut  tergantung jenis ikannya.

“Ada beberapa jenis ikan yang saya jual, mulai dari jenis air tawar dan air asin,” lanjutnya.

Sulastri menambahkan, meskipun penghasilan tidak menentu, dia mengaku bersyukur karena bisnis yang digeluti selama puluhan tahun tersebut bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.(din)

/