170 Banser Jatim, Ikuti Diklatsus Kemaritiman

646
Prosesi upacara pembukaan Diklatsus Kemaritiman Banser se-Jatim di Mangrove Center Tuban.

kabartuban.com – Terdapat 170 anggota Banser Ansor se-Jawa Timur mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus (Diklatsus) kemaritiman atau Baritim (Banser Maritim) di pusat pendidikan Mangrove Center Tuban (MCT), Desa Jenu, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban.

Dalam upacara pembukaan Diklatsus, yang dilaksanakan Jumat (17/11/2017) sore, juga dihadiri Bupati Tuban H Fathul Huda.

Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Banser Jawa Timur, H. Syafiq Syauqi, Lc usai upacara pembukaan mengatakan, banser sebagai kelompok yang siap digarda depan dalam menjaga kesatuan negara Indonesia dipandang perlu memiliki kemampuan dan pengetahuan kemaritiman, karena wilayah maritim juga bagian dari kedaulatan negara.

“Banser sebagai bagian yang tak terpisahkan dari bangsa ini, memiliki tanggungjawab besar menjaga kedaulatan bangsa,” kata Syafiq.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda bersama Banser Maritim Jatim dan tim dari BPBD Kabupaten Tuban

 

Kasatkorwil Banser Jatim yang juga menantu dari Bupati Tuban ini menjelaskan, kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari, dengan pelatih dan instruktur terkait bidang kelautan.

“Semoga pelatihan ini membawa manfaat bagi banser, bagi masyarakat, dan bangsa ini,” terang Gus Syafiq pangilan akrab Kasatkorwil Banser Jatim ini.

Sementara itu, Kepala BPBD Tuban Joko Ludiyono yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan tersebut sangat bermanfaat, pihak BPBD sebagai otoritas penanggulangan bencana, mengapresiasi Banser yang ikut pelatihan karena nantinya juga akan bermanfaat bagi kemanusiaan saat terjadi bencana.

“Kita memiliki laut, memiliki potensi banjir, dan potenai bencana lainya, termasuk yang dilakukan sekarang ini, sangat bagus nantinya,” kata Joko.

Lebih lanjut, semakin banyak yang tahu potensi bencana, cara penyelamatan dan lainya, semakin dapat diminimalisir dampak dari bencana yang terjadi.

“Kalau yang menguasai penyelamatan dan SAR semakin banyak, potensi dampak semakin dapat diminimalisir, harapan kami Banser menjadi bagian dalam mendukung kami,” pungkas Joko. (Luk)

/