20.000 Warga Tuban Belum Miliki E-KTP

336
Joni Martoyo, Kadis Dukcapil Pemkab Tuban

kabartuban.com – Hingga saat ini, kurang lebih 20 ribu warga Kabupaten Tuban belum miliki Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) dan hanya memegang kartu penduduk sememtara berupa selembar keterangan pengganti EKTP yang masih dalam proses, dengan fungsi dan kegunaan sebagaimana E-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capik) Kabupaten Tuban, Joni Martoyo mengatakan, banyaknya E-KTP yang belum tercetak disebabkan material E-KTP dari pusat jumlahnya terbatas, dan tidak mencukupi, akibatnya masih banyak warga yang memegang EKTP sementara.

“Sekarang itu baru 30 ribu tercetak, sisanya 20 ribuan,” kata Joni Martoyo (11/01/2018).

Menurut Joni, untuk menyelesaikan sisa E-KTP yang belum tercetak, maupun perekaman baru, pihaknya langsung melakukan pencetakan begitu material EKTP dikirim dari pusat. Sayangnya, proses pencetakan terkadang tidak berjalan lancar lantaran sistem secara online tidak selalu berjalan dengan baik.

“Kalau lancar bisa mencetak maksimal lima ratus, tapi itupun kalau lancar,” terang Joni.

Joni menargetkan, E-KTP warga Tuban akan selesai pada tahun ini, tidak sampai pertengahan tahun, E-KTP yang belum tercetak karena material datang terlambat dapat tuntas dengan perhitungan lima ratus EKTP mampu tercetak setiap hari dimaksimalkan.

“Tidak sampai pertengahan tahun tuntas,” katanya.

Jika antrian cetak sekitar 20 ribu tuntas maka kinerja pelayanan tidak terlalu berat dan dapat dimaksimalkan, karena setiap perekaman langsung dapat di cetak tanpa menunggu terlalu lama, dengan catatan tersedia bahan EKTPnya. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE