247 Koperasi di Tuban Tidak Sehat

240
Ilustrasi

kabartuban.com – Sebanyak 247 dari 1.235 Koperasi yang ada di Kabupaten Tuban dinyatakan tidak sehat. Beberapa hal menjadi indikator koperasi-koperasi di Bumi Wali ini dinyatakan tidak sehat secaa aturan.

“Dari 1.235 itu hanya 988 yang aktif sisanya kurang sehat,” ujar Drs. Agus Wijaya, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabuaten Tuban (12/09/2017).

Dijelaskan, bebera indikator koperasi dinyatakan tidak sehat, diantaranya, tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama tiga tahun berturut-turut, dan  tidak menjalankan program koperasi sebagaimana mestinya.

“Untuk yang seperti ini akan dilakukan pembinaan, agar dapat sehat kembali,” jelas Agus.

Adapun lanjut mantan Kabang Humas Pemkab Tuban ini, beberapa langkah ditempuh Dinas, diantaranya dengan melaukan pengecekan lapangan pada koperasi yang bersangkutan, selain itu juga akan dilakukan identifikasi akar masalah, sekaligus pembinaan kepada koperasi terkait.

Langkah yang ditempuh Dinas tersebut, dalam rangka meningkatkan kinerja koperasi, melalui bimbingan dan pelatihan terhadap koperasi koperasi yang ada, serta latihan pembukuan maupun praktek usaha.

“Kila lakukan pembinaan kunjungan lapangan dan pembinaan khusus,” terang Agus.

Namun, belum ada langkah penertiban koperasi, karena Dinas berharap koperasi masih dapat beroperasi secara sehat dalam rangka ikut mengentaskan kemiskinan. (Luk)

 

Apa Komentarmu?

SHARE