250 Nelayan, Ikuti Lomba Festival Perahu Hias Semen Gresik

281
Sulistyadi, Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Olahraga dan Kepemudaan Kabupaten Tuban bersama Kades Socerejo, Direktur Produksi PT Semen Gresik dan Muspika Kecamatan Jenu saat memberangkatkan Festival lomba perahu hias Semen Gresik .

Kabartuban.com –  Festival lomba perahu hias Semen Gresik yang di laksanakan di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, berjalan dengan meriah yang diikuti 250 nelayan setempat yang menampilkan beberapa hiasan dan model.

Kegiatan yang sudah berjalan tahun terakhir ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.  Tak hanya warga sekitar, sejulah warga yang melintas di jalur Pantura ini juga ikut menyaksikan festival yang berpotensi menjadi salah satu ikon baru di Bumi Wali.

Menurut Kepala Desa Socorejo,  Arif Rahman Hakim,  kalau dalam momen sedekah laut,  seperti di Kecamatan Bulu atau pun Nelayan di wilayah Tuban kota,  hanya ada perahunya di pasang bendera besar-besar.  Berbeda dengan di wilayah yang garis pantainya sepanjang dua kilometer ini,  perahunya bukan hanya di pasang bendera,  tapi juga dihias layaknya seperti kendaran di darat.

“Perahu hias Socorejo satu-satunya even di pesisir Kabupaten Tuban,” ujar Kepala Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Arif Rahman Hakim, kepada kabartuban.com di sela acara, Minggu (17/9/2017).

Melalui dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dan PT Semen Gresik (SG), planning (rencana) kedepan lomba perahu hias akan kembali digelar semeriah mungkin. Apalagi di sekitar pelabuhan, sejak tahun 2011 juga menjadi objek konservasi keaneragaman hayati dari perusahaan Badan Usaha Milik Negera (BUMN).

Adanya kawasan mangrove di separuh bibir pantai Socorejo, juga menambah wilayah setempat lebih asri. Ekosistem hutan mangrov telah hidup dan menjadi sempurna ketika disingkronkan dengan festival perahu hias.

“Ke depan kebersihan pantai menjadi pekerjaan rumah kami,” imbuh Bendahara GP PAC Ansor Jenu ini.

Sementara itu,  Sulistyadi Kepala Dinas Pariwisata,  Kebudayaan,  olahraga dan kepemudaan Kabupaten Tuban,  memberikan apresiasi atas terselenggara Festival perahu hias ini , dan kedepan pihaknya berjanji akan mencatat dan mengupayakan  Festival perahu hias tahunan ini menjadi agenda resmi Pemkab Tuban.

“Kegiatan yang positif ini akan kami Laporkan ke atasan,  supaya di tindak lanjuti untuk bisa menjadi ikon baru di Tuban,” kata mantan Kabang Humas Pemkab Tuban ini.

Pada kesempatan yang sama,  Direktur Produksi PT.  Semen  Gresik,  Joko Sulistyanto berterimakasih pada Pemdes Socorejo dan Pemkab Tuban,  karena selama ini bisa bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik bersama Semen Gresik.

“Kami akan mendukung penuh dan mendorong untuk lebih meningkatkan ekonomi lewat even yang bisa berdampak positif bagi masyakat sekitar Semen Gresik” janji Joko.

Festival lomba perahu hias Semen Gresik ini ini terselengara dari hasil kerjasam dengan Pt Semen Gresik untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia. Sekaligus tasyakuran atas hasil laut yang selama ini menopang ekonomi warga. (Adv/Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE