ACT Wilayah III Peduli Sampah

424
Anggota ACT Wilayah III punguti sampah di rumah tangga

kabartuban.com – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, kelompok bank sampah Acatara Trust Center (ACT) wilayah III mendeklarasikan peduli sampah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. ACT Wilayah III terdiri dari Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang dan Widang.

Dari data yang dihimpun kabartuban.com, bertempat di Lapangan Plumpang, Kecamatan Plumpang, Tuban,  sejumlah anggota yang tergabung dalam ACT wilayah III mengkampanyekan aksi peduli sampah dengan mengajak warga sekitar memunguti sampah dari rumah ke rumah.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapakan masyarakat bisa lebih peduli lagi dengan permasalahan samaah, untuk itu kesadaran masyarakat harus dibangun sedini mungkin agar lingkungan menjadi perhatian semua pihak,” ungkap Ketua Bank sampah ACT Wilayah III, Ja’far Shodiq Al Arif kepada kabartuban.com, Senin (27/3/2017).

Menurutnya, sampah saat ini sudah menjadi isu nasioanal, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang secara tidak langsung menambah volume sampah. Untuk itu, perlu adanya komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang bebas sampah.

“Sampah harus dimanajemen dan dikelola dengan baik, agar ke depan persoalan  samaph tidak menjadi masalah lagi,” tuturnya.

Masih terang Jaf’ar,kelompok  bank sampah bagian Wilayah III Tuban tersebut membawahi beberapa kecamatan yang ada  di wilayah bantaran Bengawan Solo, yakni mulai Kecamatan Soko hingga Kecamatan Widang.

“Sampah yang kami dapat dari masyarakat mencapai dua gerobak angkut, dan itu belum masuk wilayah pasar, karena pasti jumlah sampah lebih banyak dan kita belum memiliki alat pengolahaannya,” sambungnya.

Jaf’ar menambahkan, ke depan diharapkan masyarakat  bisa memperhatikan lingkungannya untuk bebas sampah, dan bisa meminimalisir kebiasaan membuang sampah disembarang tempat. (har)

 

/