Akhirnya Klenteng Tutup Patung Tertinggi Se Asia

1689
Prosesi penutupan patung tertinggi se Asia Tenggara oleh tim vertikal BPBD Pemkab Tuban.

kabartuban.com – Tim vertikal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, menggunakan alat berat masih berusaha menutup patung raksasa Kwan Sing Tee Koen, setinggi 30 meter yang berada di komplek klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Sabtu (5/8/2017).

Ratusan meter kain berwarna putih disiapkan untuk menutupi patung raksasa yang sempat memicu perdebatan di media sosial, dan berbagai komentar baik positif maupun negatif dari masyarakat pengguna media sosial.

Ketua Klenteng Kwan Sing Bio, Gunawan Putra Wirawan menjelaskan, penutupan tersebut merupakan inisiatif pengurus klenteng. Tujuannya untuk meredam perdebatan di media sosial yang belakangan cukup viral soal keberadaan patung tersebut karena ternyata belum mengantongi izin dari Pemkab Tuban.

“Memang kita yang berinisiatif buat menutupi patung dengan kain, “kata Gunawan (5/8/2017).

Gunawan tidak menyebutkan sampai kapan penutupan patung dilakukan. Sementara waktu, pengurus akan melakukan diskusi dengan Pemkab Tuban terkait perijinan yang sedang diusahakan pengurus.

Sementara itu, Kepala BPBD Tuban yang menjadi pelaksana penutupan patung mengungkapkan, proses dilakukan oleh timnya, dibantu alat berat dari PT Semen Gresik. Penutupan dilakukan dengan kain berwarna putih sebanyak 10 gelondong yang akan digunakan menutupi kepala hingga kaki patung.

“Ini permintaan klenteng, tim vertikal kita yang melaksanakan, kita upayakan hari ini selesai penutupanya” terang Joko. (Luk)

/