Antisipasi Kelangkaan Elpiji saat Ramadhan, Disperpar Tuban Ajukan Tambahan Kuota

257

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban menghimbau masyarakat tidak khawatir dengan stok gas elpiji tiga kilogram pada saat Ramadhan, karena Disperpar Tuban telah mengajukan tambahan kuota elpiji sebanyak 10 persen.

“Masyarakat jangan khawatir, karena Pertamina telah menjamin ketersediaan gas elpiji tiga kilogram pada bulan Ramadhan,” ujar Farid Achmadi selaku Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban kepada kabartuban.com, Sabtu (21/05/2016).

Farid menjelaskan bahwa, tambahan kuota tabung gas elpiji akan digunakan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadhan. Sebab, jika elpiji langka maka harga elpiji akan mengalami kenaikan.

“Tambahan kuota untuk bulan puasa Ramadhan hingga Idul Fitri, jangan sampai terjadi kelangkaan yang dapat memicu naiknya harga,” jelas Farid.

Farid mengatakan, Pertamina siap memberikan tambahan kuota tabung gas elpiji guna mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga. Pihaknya juga memastikan ketersediaan tabung gas elpiji di Kabupaten Tuban aman.

“Kami berharap tambahan kuota ini dapat didistribusikan sebelum gejolak, dengan begitu langkah antisipasi akan lebih efektif,” katanya.

Untuk diketahu, pada tahun 2016 ini Kabupaten Tuban mendapatkan jatah tabung gas elpiji dari Pertamina sebanyak 10.839.578. Dengan penambahan kuota sebesar 10 persen, maka pada bulan Ramadhan akan mendapatkan tambahan sebanyak 1.080.000 tabung. (lk/riz)

/