Awas…!!! Oknum Wartawan Gadungan Bergentayangan

344
Ilustrasi

kabartuban.com – Seorang yang mengaku sebagai wartawan datangi sekolah Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah, Merakurak Tuban, untuk meminta sumbangan dengan dalih kegiatan ulang tahun pers. Anehnya saat meminta sumbangan oknum tersebut tidak membawa surat pengantar apapun dan terkesan memasa pihak sekolah.

“Tadi datang ke sekolah, sayan sendiri yang menemui, minta sumbangan katanya untuk kegiatan ulang tahun pers gitu,” kata Riyadi, Kepala Sekolah MA Salafiyah Merakurak Tuban (13/09/2017).

Menurut Riyadi, oknum yang mengaku wartawan tersebut juga sempat menunjukan kartu pers, namun pihaknya tidak mengatahui secara detail nama dan dari media mana, karena pada saat itu ia tidak terlalu memperhatikan oknum tersebut.

“Tadi sempat marah dan bicara soal kode etik, tapi akhirnya kami tidak memberikan sumbangan,” kata Riyadi.

Fenomena wartawan gadungan yang meminta sumbangan tersebut patut diwaspadai oleh publik, apalagi meminta sumbangan dengan memaksa serta mengintimidasi disertai ancaman akan ditulis dimedianya.

Menanggapi aksi oknum yang mengaku wartawan tersebut, Ketua Ronggolawe Pers Solidarity (RPS), Khoirul Huda mengutuk aksi oknum wartawan gadungan yang menggunakan profesi wartawan untuk memeras narasumber.

Ketua RPS yang juga wartawan Harian Bhirawa ini menjelaskan, Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari. Apabila pada bulan September masih merayakan ulang tahun, tentu perlu dipertanyakan.

“Ini jelas tidak dibenarkan, tidak ada wartawan yang meminta minta seperti itu,” kata Huda.

Huda juga menghimbau kepada masyarakat yang tiba-tiba didatangi wartawan agar tidak memberikan uang dengan dalih apapun. Dikatakan, tuga wartawan sungguhan hanya sebatas untuk mengkonfirmasi terkait dengan informasi dan pemberitaan, bukan meminta uang saku. Wartawan juga tidak dibenarkan melakukan intimidasi, atau menakut-nakuti dengan maksud agar diberikan uang .

“Apabila masih ragu, masyarakat bisa langsung konfirmasi ke Kantor Balai Wartawan sekretariat RPS, Jl. Pramuka No. 1 Tuban, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Tuban atau Aliansi Jurnalis Independen (AJI),” terang Huda. (Luk) 

Apa Komentarmu?

SHARE