Banyak Keluhan Jukir Nakal, Dishub Pasang Papan Informasi

493
Salah satu titik papan informasi yang dipasag DIshub guna meminimalisir Jukur nakal dan agar masyarakat faham.

kabartuban.com – Menindaklanjuti banyaknya laporan, terkait masih adanya juru parkir (Jukir) nakal dengan tetap menarik tarif parkir ditepi jalan, Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban akhirnya memasang sejumlah papan informasi di titik-titik yang menjadi kawasan parkir tepi jalan.

Sekertaris Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban Gunadi saat dikonfirmasi mengatakan,  pemasangan tersebut setelah pihaknya menerima sejumlah laporan baik secara langsung maupun keluhan yang disampaikan masyarakat pengguna media sosial, meski sejak September lalu, parkir berlangganan sudah diterapkan pemerintah daerah Kabupaten Tuban.

“Banyak usulan dari masyarakat, untuk pasang spanduk, karena masih ada jukir yg menarik retribusi dengan memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat,” kata Gunadi (17/1/2018).

Dengan pemasangan papan informasi dipinggir jalan, berisi uraian tarif parkir dan ketentuan parkir berlangganan tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengetahui dan para Jukir tidak memiliki alasan menarik retribusi karena ketentuan dan aturan sudah terpampang dijalan jalan.

“Diharapkan dengan papan ini bisa meminimalisir jukir berbuat yang menyimpang karana, masyarakat bisa langsung menunjukkannya ketentuanya melalui papan yang aada,” jelas Gunadi.

Saat ini Dinas Perhubungan sudah memasang papan informasi parkir berlanggan sedikitnya 8 titik, seperti di Jalan Veteran, Jalan Basuki Rahmad, Jalan Pemuda dan Jalan Sunan Kali Jaga.

“Sementara ini baru beberapa titik, dan secara bertahap akan kami tambahkan di jalan jalan lain,” terang Sekertaris Dinas Perhubungan ini.

Sementara itu, Rohan, seorang pengguna motor yang parkir di tepi jalan mengatakan, pemasangan papan informasi cukup bermanfaat, sebab pengguna kendaraan akan semakin mudah megingatkan oknum Jukir yang masih menarik retribusi parkir kepada warga yang sudah berlangganan.

“Bagus ada papan informasi ini, apalagi disitu juga dicantumkan ketentuanya, kalau masih di pungut juga tinggal ditunjukan itu saja,” katanya.

Kata Rohan, dengan dipasangnya papan infomasi tersebut, Jukir juga akan berfikir dua kali jika ingin memungut tarif parkir sembarangan, jika memang belum berlangganan atau kendaraan dari luar daerah, setidaknya akan diberikan karcis parkir sebagaimana mestinya.

“Kalau ada papan itu mereka juga akan hati-hati mas,” kata Rohan menanggapi pemasangan papan informasi Dishub itu. (Luk)

/