Banyak Tahanan Karnopen, Penjara Polres Tuban Penuh

528

kabartuban.com – Penghuni tahanan Polres Tuban saat ini sudah mengalami kelebihan kapasitas. Semestinya penjara yang ada di Polres Tuban hanya cukup menampung 20 tahanan, sementara jumlah tahanan saat ini mencapai 49 orang.

Hal itu dibenarkan oleh Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati saat dikonfirmasi hal tersebut, Sabtu (22/01). “Tempat tahanan kita kapasitasnya untuk 20 orang atau bisa ditambah apabila kondisi mendesak maksimal mampu menampung 35 orang. Tapi sekarang tahanan kita kan lebih dari itu, mencapai 49 orang,” paparnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, oleh Polres Tuban para tahanan sementara dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuban. Hingga saat ini, sesuai keterangan dari AKP Elis Suendayati ada sekitar 20 tahanan titipan di Lapas Tuban, meski penyidikan masih dilakukan di Polres Tuban.

”Apa boleh buat? Karena disini tempatnya sudah penuh. Sehingga beberapa tahanan dengan kasus tertentu kita titipkan di Lapas, tapi juga tidak asal titip,” terang Elis.

Lebih lanjut Elis mengatakan, saat ini penghuni yang ada di tahanan Polres Tuban di antaranya adalah tahanan kasus pencurian, tahanan kasus judi dan tahanan kasus peredaran obat terlarang. “Paling banyak penghuninya adalah kasus karnopen dan pencurian.” Pungkasnya. (al/riz)

/