Basmi Jentik Nyamuk Dengan Ikan Nila dan Cupang

213
Ikan hias Nila dan ikan Cupang yang laris manis disaat musim pengujan.

kabartuban.com – Genangan air hujan menjadi tepat perkembanganbiakan nyamuk. Untuk mengantisipasinya salah satunya dengan memelihara ikan Cupang dan Nila. Karena kedua ikan tersebut dinilai bisa mengurangi penyebaran nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus Dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Salah satu yang mengais berkah dari penjual ikan hias tersebut adalah Sulastri (60), yang berada di Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban. Ia berbagai macam ikan hias, termasuk di dalamnya Cupang, Nila dan red Devil dijualnya.

Menurut Sulastri, hampir tiap hari, tak kurang dari 100 ekor ikan per jenisnya laris manis di borong pembeli. Ia pun menjualnya tak terlalu mahal, mulai Rp2000-3000, hingga Rp 30 ribu tergantung jenis dan ukurannya.

Alhamdulillah, musim demam berdarah ini Cupang dan Nila yang laris,” kata ibu yang menekuni menjual ikan sejak 1986 dengan mendatangi sekolah-sekolah.

Sementara itu, Wiwik asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang mengaku membeli ikan Cupang, untuk ditarus pada bak mandi rumah, karena seminggu sebelumnya suaminya terkena DB dan saat ini sudah sembuh. Supaya tidak terjadi lagi, untuk antisipasi biar ada yang makan jentik nyamuk yang yang ada di bak kamar mandi.

“Antisipasi aja, beberapa hari yang lalu suami saya kena DB,” tambahnya.

Pembeli yang lainnya, Abdurrochim warga Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban mengatakan, antisipasi agar terkena DB, pihaknya membeli salah satu ikan aduan ini, karena ikan ini lahap dan makannya jentik nyamuk.

Alhamdulillah tidak ada yang kena dan semoga jangan, ini ikhtiar dan antisipasi kami,” jelasnya. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE