Bawaslu Mulai Tertibkan APK Caleg

620
Satpol PP bersama Panwasca Kabupaten Tuban saat menertibakan salah satu APK calon anggota DPD RI yang dinilai melanggar aturan.

kabartuban.com – Tahapan kampanye Pemilihan Umum, yang digelar secara serentak sudah berjalan dua bulan, terhitung mulai 23 September hingga saat ini. Namun, tak banyak peserta pemilu yang taat pada regulasi terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) maupun Bahan Kampanye (BK).

Tercatat dalam laporan pelanggaran Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban, terdapat 39 APK terdiri dari Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  dan Calong Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang tersebar ditiap kecamatan di Bumi Wali sebutan lain Tuban.

“Ya ditertibkan, Kemarin kan sudah dilaksanakan bersama Satpol PP,” ujar Ketua Bawaslu Tuban, Sulamul Hadi Kepada kabartuban.com, Kamis (15/11/2018).

Pria yang akrab dipanggil Gus Hadi ini, juga menghimbau kepada peserta pemilu, agar mematuhi aturan dalam memasang APK baik secara materi maupun tempat pemasangan sesuai dengan regulasi Pemilu dan Perbup maupun Perda Kabupaten Tuban.

“Tentunya berkampanye lah sesuai dengan regulasi yang ada,” katanya.

Semnetara itu, Kasatpol PP Kabupaten Tuban, Hery Muharwanto saat dikonfirmasi, membenarkan terkait hal tersebut, dan masih melakukan kordinasi lebih lanjut, untuk menyelaraskan data yang telah diterima dan akan segera ditindak lanjuti.

“Kita lakukan penertiban bersama Panwas, sasaran daerah Semanding-Widang (jalan Tuban babat,red),” tambahnya.

Sedangkan, Komisioner KPU Tuban Yayuk Dwi. A.S mengatakan saat ini, seluruh APK yang difasilitasi oleh KPU Tuban telah diberikan kepada para peserta pemilu, dianatarnya  10 baliho, 16 spanduk untuk masing-masing Parpol dan atau Tiom Kampanye Capres  Cawapres, serta 10 spandukpada Calon anggota DPD RI.

“ Terkait pemasangan harus disesuaikan dengan tempat yang diperbolehkan memasang APK , diatur dalam SK KPU Tuban  nomor 117,” katanya. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE