Berkah Jelang Lebaran, Tukang Sol Sepatu Banjir Orderan

817
Tukang sol sepatu dan sandal

kabartuban.com – Ramadan selalu menjadi berkah bagi siapa saja, tidak ketinggalan profesi jasa jahit sepatu (tukang sol sepatu). Sejak beberapa hari menjelang lebaran hingga H-1 lebaran ini, orderan banjir dari masyarakat yang menggunakan jasanya untuk memperkuat sepatu atau sandal yang akan digunakan untuk lebaran.

Salah satunya adalah penyedia jasa sol sepatu Sholikin, pria yang mangkal di depan Pasar Baru Tuban, Jalan Gajah Mada ini, sejak sepekan terakhir orderanya meningkat 100 persen dari hari biasanya.

“Alhamdulillah banyak orderan, sampai hari ini selalu pulang sore, besok sudah lebaran ini malah sampai 50 pasang saya jahit belum selesai,” kata Sholihin, Sabtu (24/6/2017).

Sholikin menjelaskan, dihari-hari biasa menjahit 10 pasang atau 15 pasang sandal dan sepatu sudah paling banyak, namun saat menjelang lebaran jumlahnya bisa mencapai 25 hingga 30 pasang sepatu dan sandal yang dia kerjakan.

“Lumayan hasilnya bisa buat lebaran anak-anak,”  terang Sholikin.

Untuk tarif, meski ada peningkatan jumlah pengguna jasanya, Sholikin tidak lantas menaikkan harganya, satu pasang sepatu atau sandal yang dia kerjakan tetap dihargai Rp10.000 saja.

“Tarif sama mas gak peduli mau lebaran, tapi kadang ada saja yang memberikan lebih,” ungkap pria berkumis ini.

Sementara itu, Sari warga Tuban yang menggunakan jasa sol sepatu mengatakan, sengaja menjahitkan sepatunya untuk digunakan besok lebaran berkeliling kampung bersilaturahmi, cara ini digunakan agar sandal atau sepatu miliknya lebih awet dan kuat.

“Besok buat jalan jalan keliling kampung bersilaturahmi takutnya jebol kalau gak dijahit,” kata perempuan yang menjahitkan sepatunya di Sholikin. (Luk)

/