Besok 36 Desa Gelar Pilkades Serentak

720
Salah satu panitia Pilkades saat mempersiapkan bilik suara.

#Panitia Akan Jemput Pemilih Lansia

Kabartuban.com– Besok (8/12.red), 36 Desa yang tersebar pada 16 Kecamatan dari 20 Kecamatan di Kabupaten Tuban akan mengadakan pesta demokrasi, dalam hal ini Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2016.

Para panitia Pilkades mulai sibuk mempersiapkan tempat pemugutan suara (TPS) dan atribut serta kelengkapan lain sebagai ketentuan dan persyaratan dalam Pilkades. Seperti di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek Tuban, Kantor Desa menjadi pusat atau tempat yang ditetapkan sebagai lokas pemungutan suara oleh panitia penyelenggara Pilkades.

Sejumlah petugas sibuk menata tepat pemungutan mulai meja, kursi dan sejumlah atribut pemilihan seperti tanda, gabar Cakades yang mana di desa tersebut terdapat dua Cakades yakni Sugiman calon nomor 1 dan Rokhman calon nomor 2.

“Seluruh persiapan suah selesai, tinggal surat suara saja yang akan kita siapkan siang ini,” kata Suratman ketua panitia Pilkades Desa Jarorejo.

Lebih lanjut dijelaskan, panitia telah menyiapkan dua TPS yakni TPS 1 di Kantor Desa dan TPS 2 ada disalah satu ruma warga. Desa Jarorejo sendiri terapat dua dusun yakni Dusun Simbatan dan Dusun Jaro, dengan jumlah DPT sebanyak 3.923 pemilih.

Sementara itu untuk memaksimalkan jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya, panitia penyelenggara akan menjemput pemilih menggunakan kendaraan agar datang ke TPS, terutama pemilih usia lanjut yang tidak memungkinkan datang ke TPS.

“Untuk memamaksimalkan jumlah pemilh kami akan jemput warga terutama untuk  lansia yang rumahnya jauh,” terang Suratman ini.

Ditempat terpisah, panitia Pilkades Desa Sumber dan Kapu, Kecamatan Merakurak Tuban juga tengah memasang segala atribut dan perlengkapan yang akan digunakan dalam pelaksanaan Pilkades besok (8/12.red).

“Tahap awal sudah kita lakukan, dan semua atribut akan dipasang hari ini,” kata Abdul Ghofur, Ketua Panitia Pilkades Desa Sumber (7/12).

Di desa tersebut terdapat 3 Cakades yang terdaftar dengan hak pilih sebanyak 1.073 suara, ketiga Cakades tersebut diantaranya Darwanto, Suntoro dan Darkum, yang masing-masing dari Dusun Krajan.

“Sudah kita bentuk tim, nanti malam akan ada penjagaan di masing-masing pos yang sudah ditentukan, khususnya di TPS,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Desa Sumber, Zainul Arifin, sudah mengimbau agar semua panitia termasuk perangkat desa agar bersikap netral dan menjaga proses berlangsungnya pilkades ini sebagai tanggung jawab bersama.

“Semoga Pilkades besok bisa berjalan dengan lancar dan aman, tanpa ada halangan apapun, hingga pasca pemilihan selesai,” imbuhnya.

Abdul Ghofur juga berharap, agar calon kepala desa dapat menerima dengan ‘legowo’ siapa saja yang nanti akan terpilih, sehingga dapat bekerjasama dalam menjalankan amanat dari rakyat. (Lk/din)

/