Budayakan Olahraga Melalui Gala Desa

132
Ari Mulyadi, Kabid Asisten Olahraga Pendidikan Deputi Pembudayaan Kemenpora RI, bersama Kadisparbudpora Pemkab Tuban, Ketua Karatng Taruna dan ketua KNPI Tuban saat melepas pita balon sebagai awal dimulainya Gala Desa

kabartuban.com –  Ratusan Pelajar dari berbagai jenjang dan masyarakat Tuban tampak antusias dalam pembukaan Gala Desa yang dilaksanakan  di Lapangan Sepak Bola Komplek Gedung Olahraga (GOR)  Rangga Anoraga Tuban,  Selasa (21/11/2017).

Diantara salah satu program andalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) ini diharapkan bisa menjadi ajang pencarian bibit atlet yang berada di Desa.

Bupati Tuban, lewat Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora)  Tuban,  Sulistiyadi,  dalam sambutannya mengatakan,  selain sebagai cara untuk mencari bibit atlet baru, Gala Desa juga bisa untuk ajang kampanyer, bahwa olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup masyarakat.

“Kami berharap dengan program ini masyarakat semakin aktif berolahraga. Di tataran generasi muda semakin gemar berolahraga dan bisa ditemukan  bibit atlet, khusunya di Bumi Wali Tuban yang bisa menjadi atlet Nasional dan Internasional,” kata Kadisparbudpora Pemkab Tuban.

Dengan program yang tepat sasaran ini, mantan Kabag Humas Pemkab Tuban ini optimistis, masyarakat di Indonesia dan Tuban khususnya, bisa menjalankan gaya hidup berolahraga dengan rutin.

“Harapan pemerintah agar masyarakat membudayakan olahraga bisa tercapai. Selain itu, pembinaan olahraga yang sistematis dari level bawah, bisa berjalan,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Asisten Olahraga Pendidikan Deputi Pembudayaan Kemenpora RI, Ari Mulyadi mengungkapkan, program yang digulirkan ini di laksanakan di 34 Provinsi, 136 Kabupaten/Kota dan 816 Desa/Kelurahan ini menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Bukan hanya  di Tuban saja,  tapi juga di berbagai daerah sudah kita mulai,  dan akan berakhir pada 9 Desember tahun ini” kata Ari.

Kedepan pihaknya juga akan mengusahakan dari program Kemenpora bisa bersinergi dengan program Kemedes tentang olahraga di desa, dan tuban akan di promosikan menjadi salah satu tempat untuk perhelatan itu.

“Tahun depan kita akan bersinergi dengan Kemendes dan kami akan tetap dorong gala desa di Kabupaten Tuban, tahun depan kita akan menambah lagi kota untuk penyelenggaraan Gala Desa,” tambahnya.

Pihaknya juga berharap ada piala dan beasiswa pembinaan yang bisa diakomodir dari pihak Pemerintah Kabupaten yang di bebankan APBD,  supaya calon atlet juga bisa terpacu untuk lebih berprestasi.

“Kami harapkan ada piala, piagam dan uang pembinaan bisa di akomodir dengan dana APBD,” harapnya.

Selain itu,  Kabid Asdep Olahraga dan Pendidikan Kemenpora ini juga memberikan piagam penghargaan bagi atlet Tuban yang berprestasi di tingkat Jawa Timur.

Dalam kegiatan Gala Desa Ada enam Cabor yakni Sepak Bola,  Bola Voli, Tenis Meja,  Atletik, Sepak Takraw dan  Bulu Tangkis.  (Dur) 

Apa Komentarmu?

SHARE