Bumi Wali Belum Bebas Dari Arak

421
Kapolsek Semanding AKP Desis Susilo saat menunjukan barang bukti pengolahan/produksi Miras Arak yang di grebek petugas di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Tim saber miras, Polsek Semanding, kembali menggerebek rumah produksi minuman keras jenis Arak, di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Penggerebekan yang dilakukan petugas ini menjadi bukti, Kabupaten berjuluk Bumi Wali ini masih belum bebas dari minuman keras tersebut, Senin (19/3/2018)

Kasubag Humas Polres Tuban AKP Agus EP, menjelaskan pemilik usaha produksi minuman keras diketahui bernama Tarmi (52) warga Desa Tegalagung, Semanding, Tuban. Untuk menghindari kecurigaan petugas, pelaku memproduksi arak di salah satu ruangan rumahnya yang cukup tersembunyi, disamping itu pelaku biasanya memproduksi arak pada hari hari tertentu agar tidak menimbulkan kecurigaan.

“Tempat produksinya digrebek pagi tadi, dan ditemukan sejumlah barang bukti, termasuk hasil produksi siap edar,” kata Agus.

Adapun barang bukti yang diamankan petugas dalam penggerebekan itu meliputi, tiga jurigen yang berisi arak siap edar atau 60 liter, satu buah dandang penyuling arak,10 drum baceman total 2.000 liter, satu kompor gas, 50 botol kosong, dan tabung gas LPG. Atas perbuatanya pelaku dijerat Pasal 135 jo Pasal 71(2) dan Pasal 140 jo pasal 86(2) UU no 18 th 2012 tentang pangan.

“Petugas saat ini masih memeriksa saksi dan pelaku,” imbuh AKP Agus.

Sementara itu, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah, menyikapi masih ditemukanya industri Miras di Kabupaten Tuban, kalau pemberantasan miras tidak dapat dilakukan oleh satu komponen saja, dalam hal ini penegak hukum, disamping itu juga harus ada masyarakat dan pemerintah sebagai elemen pendukungnya yang berastu melawan peredaran dan produksi miras di Tuban.

“Disamping kegiatan pendalaman batin, lahiriyah ini yang juga harus diperhatikan, salah satunya dengan memberika alternatif pekerjaan bagi perajin miras arak ini agar tidak memproduksi miras lagi,” kata Ketua Pemuda Muhamadiyah Tuban Edi Utomo. (Luk)

/