Bupati Minta Ditangani Serius Masalah Kemiskinan  

576
BupatiTuban Fathul Huda saat memberikan pengarahan pada suatu acara

kabartuban.com – Dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memiliki lima target atau tujuan utama dalam pembangunan Kabupaten Tuban selama lima tahun kedepan.

“RKPD tahun ini adalah tahun kedua dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021” terang Bupati Tuban, Fathul Huda kepada kabartuban.com, Rabu (22/3/2017).

Lebih lanjut, Huda meminta dibentuk tim khusus yang nantinya bertugas untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tuban.

“Secara garis besar target pencapaian diantaranya adalah pengamalan keagamaan, peningkatan tata kelola pemerintahan, pembangunan berkelanjutan ekonomi berbasis keunggulan lokal dan pemerataan peningkatan kesejahteraan masyarakat” jelas Huda.

Huda yang juga alumni Pondok Pesantren Al-Muhibin Tambakberas, Jombang itu menginginkan adanya perhatian yang serius dalam hal penanganan kemiskinan dan pengangguran. Tercatat pada tahun 2016, angka kemiskinan di Kabupaten Tuban mencapai 3,08 persen.

“Harusnya angka kemiskinan di Kabupaten Tuban dibawah 3 persen” tegasnya.

Bupati Tuban menambahkan, kasus pengangguran ini harus ditekan. Sebagai contoh beberapa waktu lalu dengan dibukanya lowongan kerja untuk non PNS dengan jumlah gaji satu juta rupiah, pendaftar melebih kuota yang telah ditentukan.

“Sangat memprihatinkan, kuotanya 100 orang tapi pendaftarnya hampir 3000 orang,” tutupnya

Diketahui, pelaksanaan Musrembang dirasa sangat penting, sebab sesuai yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). (har)

 

 

/