Bupati Tuban Tandatangani MoU Program Klik

701

kabartuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda, menyatakan dengan di tandatanganinya nota kesepahaman program Kemudahan Investasi Langsung Kontruksi (KLIK) tahap II diharapkan akan semakin banyak investor yang masuk kw Tuban. Sehingga dapat mengurangi jumlah penganguran yang ada di Kabupaten Tuban.

Diketahui, pada Rabu (22/2/2017), Bupati Tuban bersama 17 kepala daerah lainnnya, berkesempatan menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam impelementasi kemudahan KLIK tahap II di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

“Tuban merupakan tempat yang strategis untuk melakukan investasi. Dengan adanya Program KLIK bisa memudahkan investor yang  datang ke Tuban untuk mengembangkan investasinya,” ujar Fathul Huda, Kamis (23/2/2017).

Menurutnya, dengan masuknya investor di Tuban, diharapkan akan terbuka kesempatan kerja yang banyak. Selain mengurangi angka penganguran, di sisi lain juga akan memberikan multiplier effect sehingga bisa meningkatkan roda perekonomian.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Lembong menyatakan, pada tahap II ini, BKPM menambah 18 kawasan industri dengan total luasan lahan sekitar 3.514,5 hektare di tujuh provinsi dan di 10 kabupaten/kota. Seluruh kawasan tersebut ditetapkan melalui SK Kepala BKPM No. 17 /2017.

“KLIK ini penting sebagai instrumen meningkatkan daya saing dan mengejar ketertinggalan kita. Saat ini total ada 32 kawasan industri dengan cakupan 13.516,5 hektare,” ujar Thomas.

Dengan demikian, saat ini ada 32 kawasan industri pada 10 provinsi di 16 kabupaten/kota yang sudah bisa menjadi tempat penyelenggaraan KLIK. Hal ini dikarenakan pada tahap I, pemerintah telah menetapkan 14 kawasan industri dengan total luas lahan 10.002 hektare yang berlokasi di enam provinsi dan sembilan kabupaten/kota melalui SK No. 24/2016 pada 22 Februari 2016.

Hingga saat ini fasilitas KLIK telah dimanfaatkan oleh 83 Proyek/Perusahaan, dengan nilai investasi Rp122,2 triliun dengan memanfaatkan lahan seluas 1.126 Ha yang berlokasi di 11 kawasan industri.

Selain Kabupaten Tuban, penandatanganan bersama BKPM juga dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Demak, Kabupaten Gresik, Pemerintah Kota Dumai dan Kota Balikpapan.

Kegiatan Peluncuran Perluasan Implementasi Kemudahan KLIK Tahap II ini digelar berurutan dengan dua kegiatan BKPM lainnya yakni Regional Investment Forum (RIF) 2017 pada tanggal 23 Februari 2017, serta kegiatan Rakornas BKPM pada 24 Februari 2017 dengan mengumpulkan seluruh aparat penanaman modal baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Indonesia. (har)

/