Butuhkan Waktu 24 Jam, Untuk Menutup Patung Kongco

2775
Tampak Patung Kwan Sing Tee Koen atau Kongco yang akhirnya tertutupi kain putih dengan sempurna.

kabartuban.com – Hampir 24 jam, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dibantu operator crain dari PT.  Semen Gresik, melakukan menutup Patung Kwan Sing Tee Koen (Kongco) yang tercatat dalam buku Rekor Muri di Tuban dengan menggunakan kain putih.

“Ya mas, kemarin malam lembur sampai jam 6 pagi, istirahat sebentar, pukul 7.30 WIB, kita teruskan lagi” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Tuban, Joko ludiyono kepada kabartuban.com, Minggu (6/8/2017).

Menurutnya, penyarungan patung Kwan Sing Tee Koen ini mempunyai tantangan tersendiri, selain patung raksasa setinggi 30 meter ini, juga kesiapan para personil yang tanggap serta bisa menyelesaikan tugas yang mereka emban.

“Alhamdulillah, semua personil solid dan tidak hambatan yang menyulitkan, sehingga tugas sudah kita selesaikan bersama,” terang Joko.

Sekarang Patung sudah tertutupi semua,  hanya ada bagian yang masih terlihat ornamennya, yakni dibagian samping kanan dan kiri, tepatnya pada senjata yang menjadi satu kesatuan patung, yang agak sulit tertutupi kain.

Sementara itu, pantauan Kabartuban.com dilapangan, tak ada satupun pengurus dari pihak Klenteng yang berada di tempat, terlihat hanya ada dari personil BPBD Tuban, dan operator crain dari PT.  Semen Gresik. (Dur)

/