Cabai Impor Mulai Masuk Pasar Tuban

757
Cabai yang dijual pedagang di Pasar Baru Tuban.

kabartuban.com- Cabai kerig impor mulai serang pasar di Kabupaten Tuban. Masuknya cabai kering impor yang harga harganya Rp70.000 per Kilogram (Kg) ini diakui pedagang sudah sekitar sepekan terakhir, saat harga cabai rawit menembus angka diatas Rp120.000/Kg.

Pujo, pedagang cabai di Pasar Baru Tuban mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui pasti asal cabai kering itu di import dari mana, namun sejumlah pedagang mendapatkan pasokan cabai itu dari distributor yang biasanya memasok cabai segar kepada mereka.

“Cabainya bagus kering harganya lebih murah, informasinya impor, namun dari mana belum tahun, maklum saya juga ambil dari pemasok juga,” kata Pujo (9/02/2017).

Menurut Pujo, cabai kering ini biasanya dibeli pemilik warung dan pengusaha rumah makan, kata  Pujo juga cabai kering ini bisa menjadi dua sampai tiga kali setelah direbuh terlebih dahulu, jika dibading dengan cabai segar.

“Cabai kering ini lebih ekonomis harga lebih murah, kalau dimasak perbandinganya bisa tiga kali lipat, sekilo bisa jadi tiga kilo, caranya direbus atau di kukus sebelum digunakan untuk bumbu masak,” terang Pujo.

Pedagang lain juga mengatakan, jika cabai kering ini belakangan lebih diminati pembeli, sayangnya tidak banyak yang menjual eceran sehingga pembelinya masih terbatas pemilik rumah makan dan pengusaha makanan.

“Saya belum ngecer, ini masih dijual per zag, kalau per kilo biasanya di ecer Rp70 ribu,” kata Rumiatun pedagang lain di pasar baru Tuban.

Sementara itu, meski gejolak harga cabai cukup meresahkan baik pedagang maupun konsumen, belum ada langkah dari pemerintah untuk melakukan poperasi pasar guna menekan tigginya harga cabai. Pemkab Tuban sepertiya baru akan melakukan operasi pasar bersama instansi terkait dalam waktu dekat.

“Beluam ada operasi pasar, tapi kita akan coba konfirmasi ke instansi terkait,” kata Kabag Humas Pemkab Tuban Agus Wijaya (9/02/2017). (Luk)

/