CFD Jadi Sarana Wisata dan Berolahraga

1436
Sebagian masyarakat mengunakan kegiatan CFD sebagai sarana bermaian untuk anak-anak dan keluarga.

Kabartuban.com – Hari tanpa ada polusi asap dari kendaraan atau sering disebut dengan istilah Car Free Day (CFD), merupakan sarana bagi masyarakat untuk meluangkan waktunya dipagi hari yang hendak berolahraga ataupun sekedar menghilangkan penat setelah enam hari bekerja. Mengingat CFD pada umumnya berlangsung pada hari minggu atau hari libur, begitupula yang ada di Bumi Wali Tuban.

CFD yang bertempat sepanjang Jl. Sunan Kalijaga dan di area Gedung Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Tuban menjadi titik lokasi paling ramai dikunjungi masyarakat Bumi Wali. Meskipun aktifitas rutin yang ditetapkan oleh Pemerintah pada tahun 2014 lalu itu sempat sepi pada awal mula diselenggarakan.

Hal itu dapat dirasakan oleh Miftahul Mubarak (23), warga asal Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Tuban.  Ia setiap minggu pagi selalu meluangkan waktunya untuk berolahraga di CFD, baik bersama teman maupun sendirian.

“Tiap minggu saya kesini, olahraga dan berlari-lari disekitar lapangan,” Terang Miftah pada wartawan kabartuban.com, Minggu (1/01).

terdapat juga sebagian masyarakat memanfaatkan CFD utuk berolahraga bersama.
terdapat juga sebagian masyarakat memanfaatkan CFD utuk berolahraga bersama.

Menurutnya, CFD lahan yang nyaman untuk berolahraga, melepaskan penat dan bersantai-santai dihari libur. Kendati demikian, ia menyayangkan moment bebas asap kendaraan tersebut dengan adanya banyak motor yang masuk area CFD.

“Namanya aja Car Free Day, harusnya motor juga tidak boleh masuk. Tanpa terkecuali,” ungkap mahasiswa salah satu universitas di Tuban itu.

Selain digunakan untuk berolahraga, di lokasi CFD juga terdapat banyak jajanan dan cemilan yang beragam jenisnya. Ada pula sarana bermain dan wahana yang diperuntukkan anak-anak. Seperti yang dilakukan oleh Lia Nur Farhana (21), warga asal Merakurak itu datang bersama keluarganya.

“Tempatnya rame, enak. Saya sama keponakan biasanya main mobil-mobilan dan beli camilan,” ujar Lia.

Di hari pertama tahun 2017 ini, meskipun kondisi area GOR basah karena hujan tadi malam, khalayak tetap ramai seperti hari-hari biasanya CFD berlangsung. (Din)

/