Cuaca Buruk, Harga Ikan Segar di Tuban Naik

99

kabartuban.com – Dalam dua minggu terakhir, harga ikan segaar di pasar ikan, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, merangkak naik. Kenaikan dipicu minimnya stok ikan dari nelayan, menyusul cuaca buruk yang terjadi, memaksa nelayan didaerah itu tidak melaut.

Seorang pedagang ikan di pasar Karangsari bernama Suprapti mengatakan, situasi seperti ini sudah berjalan selama hampir dua minggu ini, mereka terpaksa menaikan harga ikan, karena pasokan dari nelayan juga sudah naik.

“Harganya naik mas, karena stoknya minim,” terang Suprapti.

Adapun beberapan jenis ikan yang mengalami kenaikan seperti ikan Tengiri yang biasanya dipatok Rp75.000 per Kilogram (Kg) saat ini naik menjadi Rp.85.000 per Kg, sedangkan untuk ikan tongkol harganya masih dikisaran normal antara Rp30.000 hingga Rp35.000 perkilo.

Tidak hanya ikan segar, harga rajungan yang semula hanya Rp125.000 perkilo menjadi Rp150.000 perkilo.

“Kenaikan tengiri sama rajungan, cukup tinggi, untuk kakap tongkol dan yang lainnya masih belum terjadi,” kata Prapti.

Selama nelayan didaerah tersebut tidak melaut, pedagang terpaksa mengambil pasokan ikan dari daerah lain, seperti Palang dan Blimbing. Sebab di daerah tersebut masih banyak yang melaut menggunakan perahu lebih besar.

”Ya gimana lagi mas, dijual seadanya saja, kalau gak ya ambil dari Palang atau Blimbing,” jelas Prapti.

Sementara itu, Reza, pembeli di pasar ikan ini mengatakan, kenaikan ini sudah biasa terjadi, saat tingginya gelombang dan kencangya angin timuran, apalagi jika menuju ramadhan kenaikan ikan segar juga sering terjadi.

“Ya sudah biasa mas, ini kan musim angin timuran, apalagi mau ramadhan mas,” ujar Rez. (Hon)

Apa Komentarmu?

SHARE