Cuaca Buruk Tak Melaut, Nelayan Hutang Bank Untuk Cukupi Kebutuhan Hidup

595

kabartuban.com – Ratusan nelayan di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, sudah lebih dari lima bulan terakhir ini tidak melaut, hal tersebut lantaran cuaca buruk yang melanda, sehingga untuk mencukupi kebutuhan sehari-sehari para nelayan terpaksa berhutang kepada Bank.

“Saya sudah meminjam bank untuk keperluan tiap hari, karena kondisi cuacanya buruk ya pasrah saja untuk sementara ini,” keluh Jono, pemilik perahu kapal ikan kepada kabartuban.com, Jum’at (21/10/2016).

Masih terang Jono, cuaca yang kerap berubah-ubah dan pasti membuat nelayan setempat hanya beraktifitas sekedarnya, dan sebagian diantaranya memilih memperbaiki mesin dan peralatan perahu yang rusak.

“Cuaca yang tak pasti ini sudah berlangsung lama, bahkan selama lima bulan aktifitas melaut berhenti total,” ungkap Jono.

Dikatakan oleh Jono, nelayan yang punya dua unit perahu tersebut mengaku,  jika kondisi normal, kedua unit perahunya mampu menangkap ikan hingga lima ton.

Sehingga cukup untuk membayar 40 orang yang mengoperasionalkan perahunya.

“karena cuaca sedang buruk, kerugian makin besar setelah hampir lima bulan terakhir, perahunya berhenti beroperasi,”jelasnya diiyakan juragan perahu lainnya

Jono menambahkan, Atas kondisi ini sejumlah nelayan mengaku resah, mereka berharap cuaca segera membaik sehingga aktifitas melaut kembali normal seperti sediakala.

Diketahui, Tidak satu dua perahu yang nampak terlihat berjajaran parkir, dari pantauan kabartuban.com, puluhan perahu skala besar itu berhenti melaut lantara dampak cuaca buruk.(afw/har)

/