Cuaca Ekstrem Masih Membayangi Warga Pesisir Pantai

244
Ombak sepanjang pantai dilaut Tuban yang masih menghantui warga pesisir pantai.

kabartuban.com – Cuaca Ekstrem masih berpotensi diwilayah pesisir pantai Kabupaten Tuban. Seperti yang terjadi di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, yang mana tembok penahan gelombang air laut jebol akibat terjangan ombak besar, Kamis (24/5/2018).

Akibat terjangan ombak yang menjebolkan tembok laut ini mengancam rumah milik Heri (60) salah satu warga Desa Sukolilo Kecamatan setempat, yang akibat jebolnya tembok dibelakang rumahnya juga mengalami longsor.

“Tembok penahan gelombang air laut jebol karena tidak kuat menahan gelombang air laut yang beberapa hari ini cukup Ekstrem,” kata Joko Ludiyono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban.
Menurut mantan Camat Widang ini, tembok yang jebol itu sangat membahayakan rumah, dikarena gelombang air laut yang masuk melalui celah tembok yang jebol kurang lebih 7 meter.

“Saat ini BPBD Tuban sudah koordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kecamatan Bancar dan Desa setempat,” tambah Joko Ludiono.

Selain itu, tim BPBD Tuban juga sudah turun dilokasi kejadian untuk memastikan kondisi aman, serta terus memantau perkembangan di sekitar lokasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, menurut keterangan salah satu warga di Kecamatan Tambakboyo, Zuhri kalau cuaca ekstrem juga dirasakan di wilayah pesisir daerahnya sejak beberapa hari ini, air laut juga pasang meski dampaknya tidak terlalu besar seperti di Kecamatan Bancar.

“Pasangnya hanya siang saja mas, itu juga ditambah anginnya agak kencang, ” kata Zuhri. (Dur)

/