DD Dipangkas 26 M, Pembangunan Desa Bakal Kena Imbas

312
Drs. Mahmudi, M.Si, Kadis Pemas Pemdes dan KB Pemkab Tuban.

kabartuban.com – Tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menerima Dana Desa (DD), sebesaar Rp225.648.488.000, jumlah tersebut mengalami pengurangan sekitar Rp26 Miliar dari alokasi sebelumnya. Dampanya sejumlah program di desa dimungkinkan akan terkena imbaas dari pemangkasan tersebut.

“Pengurangan tersebut akan berdampak pada program yang sudah dibuat desa, nilainya cukup besar,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan asyarakat, pemerintahdesa dan Keluarga Berncana (Dipemas dan KB), (06/01/2017).

Dijelaskan, jika pengurangan DD itu akan diterapkan merata di semua desa, sesuai rumus pembagian DD, diantaranya berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk miskin, Dll, sekalipun terhadap desa tertinggal yang mestinya lebih membutuhkan untuk mengembangkan desanya.

“Pengurangan DD akan dilakukan merata, kepada seluruh desa, tidak peduli desa yang sudah maju maupun desa tertinggal,” katanya.

Oleh karena itu, berharap pengurangan DD ini tidak menghambat pembangunan desa, artinya program skala perioritas tetap harus dijalankan, sementara bisa menunda program yang masih dapat dituda di masing-masing desa.

“Harapan kami pengurangan ini tidak menghambat pembangunan desa, program-program periortas tetap harus dijalankan,” katanya.

Pengurangan tersebut juga sudah disampaikan ke pihak desa, agar pihak desa dapat menyesuaikan anggaran yang ada setelah adanya pemangkasan. “Sudah kami komunikasikan karena itu ada dalam peraturan bupati (Perbub) terkait jumlah DD,” katanya.

Sementara itu, Kepala desa, Sugiharjo, Karso saat dikonfirmasi kabartuban.com, pemangkasan tersebut membuat pihak desa sedikit kebigungan, sebab harus menyusus program perioritas setelah adanya pemangkasan.

“Tentu saja pengurangan itu akan berimbas, terutama pembangunan fisik,” kata Karso.

Sebenarnya, karso berharap tahun ini tidak ada pengurangan karena program yang berjalan di desa sudah bagus. Apalagi penyusunan program sudah dilakukan desa. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE