Desak Diknas Segera Lakukan Pengadaan Sarana UNBK

736
Zaenal Maftuhien, Kepala SMPN 6 Tuban.

kabartuban.com – Sebanyak 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tuban akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 ini. Namun rupanya masih banyak sekolah yang fasilitas pendukung kegiatan tersebut masih minim.

Kepala sekolah SMP N 6 Tuban salah satu peserta UNBK, Zaenal Maftuhien saat dikonfirmasi mengatakan, beberapa kendala itu diantatanya jumlah komputer yang belum memadai, jaringan listrik, ruang kelas hingga sumber daya operator server juga masih minim.

“Hasil rapat kemarin, kendala ini perlu di upayakan dinas,  salah satunya dengan menfasilitasi kerjasama dengan sekolah SMA dan SMK peserta UNKB untuk kegiatan simulasi try out Nasional berbasis komputer, “ kata Zaenal (5/2/2017).

Tidak hanya itu, perlu langkah cepat Dinas Pendidikan dalam pengadaan sarana penunjang untuk Ujian Nasional Komputer, pasalnya waktu sudah mepet. Pihaknya khawatir jika waktu persiapan terlalu singkat maka tidak akan bisa maksimal.

“Harapan kepala sekolah, Dinas dapat mempercepat proses pengadaan komputer & server ke sekolah karena waktu yang sudah mepet,” tambah Zaenal Maftuhien.

Kepala SMPN 6 yang juga Sekretaris Umum KONI Kabupaten Tuban ini mengakui, disekolahnya sendiri, jumlah komputer juga belum memadai dengan calon peserta Ujian Nasional. Saat ini disekolahnya perangkat siap pakai hanya 30 komputer, sementara siswanya mencapai 284.

“Masih kurang komputernya, kita harus menyiapkan,” kataya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Drs.H. Sutrisno saat dikonfirmasi mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp3,7 Miliar untuk sarana penunjang UNBK. Anggaran tersebut disiapkan dari APBD tahun 2017, untuk pengadaan fasilitas komputer dan penunjang kegiatan pendidikan.

“Anggarannya sudah ada dari APBD dan itu untuk memunjang kegiatan besok itu,” kata Sutrisno (5/2/2017).

Sutrisno juga memgatakan kepal sekolah tidak perlu khawatir soal perlengkapan karena Pemkab Tuban tentunya tidak akan tinggal diam soal kesiapan ujian berbasis computer tersebut.

“Segala sesuatunya sudah disiapkan, sekolah tinggal persiapan dan fokus saja untuk melaksanakan ujianya,” pungkas Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Tuban ini. (Luk)

/