Detik-detik Menegangkan, Evakuasi Tawon Ndas Yang Menewaskan Petani Soko

kabartuban.com – Insiden tewasnya petani di Desa Kenongonsari, Kecamatan Soko yang disebabkan sengatan ratusan tawon Ndas. Memantik respon Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, bergerak mengevakasi sarang lebah yang menempel di pohon bambu tanah warga setempat.

Evakuasi dilakukan Senin (25/11/2019) sore, seiring selesainya pemakaman korban pagi harinya. Evakuasi dilakukan oleh enam personel dipimpin Kasi Kedaruratan BPBD Tuban, Taufik.

“Setelah ada insiden, dan kita dapat laporan. Dan sorenya kita menuju lokasi. Sambil menunggu lebahnya pulang ke sarang,” kata Taufik kepada awak media.

Ia menguraikan proses evakuasi memang dilakukan ekstra hati-hati. Sebab, selain ukuran sarang tawon sangat besar, dan juga tawon akan menyerang dengan menyemprot cairan racun, yang bisa menyebabkab kebutaan sementara apabila terkena mata.

“Belajar pada kasus sebelumnya, tawon yang menyerang petugas. Ada yang terkena wajahnya dan mata, efeknya langsung memerah dan mata gelap sekitar setengah jam,” katanya.

Selain itu sengatan tawon yang ada di dalamnya juga sudah merenggut nyawa.

“Jam 16.00 WIB kita mulai evakuasi. Persiapan sekitar 15 menit, setelah itu tim gerak. Sarang disemburkan api dan membakarnya,” terangnya.

Dalam tempo 30 menit, sarang tawon maut itu berhasil dimusnahkan. Pihaknya menambahkan selama ini banyak sarang tawon berukuran besar dan berbahaya yang sudah dimusnahkan oleh tim TRC.

“Kami himbau kepada warga, ketika mengetahui ada lebah yang sedang membuat sarang segera dilakukan penanganan, atau bisa dilaporkan ke kita. Pasti akan kita tangani,” tambahnya. (Dur)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close