Dinkes Himbau Masyarakat Waspada DB

167
Endah Nurul Kumajati, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban mengantisipasi merebaknya penyakit demam berdarah (DB).

Meski ada penurunan jumlah kasus tiap tahunnya, DB selalu menjadi ancaman warga ketika musim penghujan, utamanya pada permukiman padat penduduk.

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariah mengatakan, penyakit yang disebabkan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti selalu menjadi ‘musuh bebuyutan’ saat musim hujan. Untuk itu, warga diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Selian itu, pihaknya juga tetap terus melakukan antisipasi dengan aktif melaksanakan kampanye pemberantasan sarang nyamuk ke masyarakat melalui petugas surveilen di tingkat Kelurahan.

“Kami himbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan, dengan rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk,” katanya, Senin (3/12/2018).

Menurutnya, pemberantasan tersebut dilakukan di antaranya dengan menguras bak mandi dan tempat-tempat yang ada airnya.

Karena saat musim hujan banyak genangan air, sehingga banyak sebaran nyamuk karena tempat berkembang biak yang juga makin banyak.

Untuk diketahui, tahun ini, jumlah kasus demam berdarah di Kabupaten Tuban mengalami penurunan cukup seknifikan, hal tersebut membuktikan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin baik.

Pada Januari – Desember ada 121 Kasus DB, sementara di tahun 2017 perbulan laporan kasus DB hanya 4 sampai 6 kasus, jumlah tersebut jauh berbeda dari tahun 2016 yang rata rata sampai 16 kasus setiap bulan.(Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE