Disabilitas Tuban, Berharap Ada Fasilitas TPS Yang Aksesibel

121
Salah satu penyadang Disabilitas saat mengikuti Simulasi pemungutan suara di Puja Sera komplek Gor Rangga Anoraga Tuban.

kabartuban.com – Pemilih penyandang disabilitas di Tuban berharap bisa ikut serta dalam menentukan pemimpin Jawa Timur di tahun 2018 lewat Pemilihan Gubernur Jatim. Tentunya dengan fasilitas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang udah dijangkau dan memudahkannya (Aksesibilitas) dalam mencoblos.

Hal tersebut diungkapkan oleh Fira Fitria yang juga sebagai ketua organisasi Disabilitas Tuban (Orbit) yang menginginkan adanya kemudahan akses untuk para penyandang dalam Pemungutan Suara Pilgub Jatim 2018.

“Kita pinginnya di TPS bisa aksesibel untuk teman-teman, khususnya yang menggunakan kursi roda seperti saya,”ujar Fira Fitria kepada kabartuban.com, saat mengikuti Simulasi pemungutan dan perhitungan suara untuk Pilgub Jatim 2018 di Puja Sera komplek Gor Rangga Anoraga Tuban, (13/6/2018).

Sementara itu, Komisioner KPU Tuban divisi SDM dan Parmas, Yayuk Dwi Agus saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan simulasi ini baru pertama kali diselenggarakan oleh KPU Tuban, harapannya masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam perhelatan ini, terutama pemilih pemula yang baru pertama kali memberikan suaranya kepada Paslon yang mengikuti pesta demokrasi provinsi Jawa Timur.

“Ini kita adakan untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat terlebih pemillih pemula atau penyandang bagaimana mekanisme proses pemilihan nanti dengan target 200- 300 orang,” kata satu-satunya perempuan di Komisioner KPU Tuban ini.

Selain itu, juga ada beberapa fasilitas yang diberikan penyandang disabilitas pada saat hari pencoblosan, 27 Juni 2018, seperti hal penyandang tuna nerta surat suaranya khusus.

“Nanti surat suara yang diberikan tema disabilitas khusus mas, dan sudah disiapkan nanti pas hari H nya, ” terangnya.

Informasi yang berhasil di himpun Kabartuban.com dari data Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tuban, tercatat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada sekitar 91 pemilih disabilitas yang akan menyalurkan suaranya pada Pilgub Jatim 2018. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE