Diskanlut Tuban Gelar Pendampingan UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan

430

kabartuban.com ­- Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Tuban bekerja sama dengan BNI (Bank Negara Indonesia) Cabang Tuban, BPSDMPM KP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan) dan juga BPPT (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu) Kabupaten Tuban menggelar pendampingan bagi pelaku usaha di sektor perikanan dan kelautan.

Dalam kegiatan yang berlangsung 27 hingga 29 juli 2016 tersebut, sekitar 300 pelaku usaha sektor perikan dan kelautan akan diberikan edukasi mengenai pentingnya legalitas atau perijinan usaha dan juga sosialisasi akses pembiayaan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

“Para pelaku usaha ini diberikan edukasi perijinan tentang legalitas usahanya, agar usaha mereka tidak ilegal. Selain itu juga permudahan dalam mengakses KUR yang dalam hal ini disediakan oleh BNI,”  terang Indra selaku Ketua Panitia Kegitan Pendampingan UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut BNI juga melakukan peluncuran pencairan dana KUR kepada para pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan yang melengkapi persyaratan seperti ijin usaha dan kondisi usaha.

“Yang dapat KUR saat launching tadi adalah pelaku usaha yang memenuhi syarat seperti legalitas maupun kondisi usaha,” kata Indra.

Nilai dana KUR yang diberikan oleh BNI untuk para pengusaha kecil di sektor bervariasi mulai dari 25 juta, 50 juta, 75 juta hingga 100 juta.

“Pada saat launching,  ada pelaku usaha yang dapat KUR 25 juta, 50 juta, 70 juta, dan 100 juta,” tutup Indra. (alf)

/