Diterjang Ombak, Fasilitas Wisata Pantai Kelapa Banyak Yang Rusak

424
: Kondisi fasilitas wisata Pantai Kelapa yang hancur diterjang gelombang air laut, akibat cuaca ekstrem

kabartuban.com – Cuaca Ekstrem yang terjadi dan menimpa daerah pesisir pantai utara Tuban beberapa hari yang lalu dampaknya meluas, sebelum tembok penahan gelombang air laut di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar ambrol dan mengancam pemukiman warga, kini juga mengenai beberapa bangunan di wisata pantai kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang.

Tampak beberapa bangunan seperti, kapal yang dipakai untuk Swafoto, tempat duduk dipingir pantai, dan beberapa fasilitas penunjang wisata lainnya juga tak luput dari amukan ombak.

Menurut penuturan Salah satu warga sekitar Munhaji, hal tersebut sudah hampir dua minggu ini, gelombang tinggi menerjang wisata pantai kelapa, ketinggian gelombangnya bisa mencapai dua meter.

“Sudah hampir dua mingguan mas, yang paling besar kemarin,  ketinggian gelombang bisa sampai 2 Meter, ini banyak yang rusak, ” ujar Munhaji kepada Kabartuban.com, Kamis (24/5/2018)

Selain berdampak pada beberapa bangunan yang rusak, cuaca ekstrem juga mengakibatkan nelayan sekitar meliburkan untuk mencari rajungan disekitar peraihan itu. Karena sebagian besar warga pesisir nelayan juga menggantungkan penghasilannya dari laut.

“Ini hampir satu minggu tidak berangkat melaut mas,karena ombak yang begitu besar, jadi kita takut untuk berangkat,” tambah Samaun yang juga warga setempat

Sementara itu, Joko Ludiyono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau kepada masyarakat nelayan di sekitar pantai pesisir Tuban, Ketika berkeinginan berangkat melaut, agar mengecek dulu segala persiapan, mulai kelayakan perahu, kondisi kesehatan bahkan menganalisis kapasitas perahu dalam mengarungi laut.

“Melihat kapasitas perahu dulu, kalau ketinggian ombak mencapai 1,5 sampai tiga meter, apakah perahu mampu menerobos ombak, jangan sampai berspekulasi, karena dampaknya bahaya, dan jadi tetap perlu kehati-hatian dan kesiapan siagaan bagi nelayan Tuban,” imbaunya.  (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE