Diyakini Sembuhkan Penyakit, Warga Gesikharjo Gelar Ritual Kungkum di Pantai

458

kabartuban.com – Ritual unik yang sudah dilakukan bertahun-tahun oleh masyarakat Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang patut dicoba. Pasalnya tradisi dengan menceburkan diri ke laut pantai utara Makam Syekh Maulana Asmaroqondi ini setelah lebaran kupat diyakini masyarakat bisa menyembuhkan penyakit rematik dan pegal-pegal karena khasiat dari air laut.

Suyati warga setempat saat ditemui di pinggir pantai Desa Gesikharjo, menuturkan, tradisi kungkum di laut sudah dilakukan sejak lama. Dengan mulai tradisi kupatan dan doa bersama-sama di masing-masing rumah, dan dilanjutkan berbondong-bondong masyarakat menuju ke bibir pantai untuk berendam.

“Setelah hari kupat atau kupatan di rumah, langsung kita bareng-bareng kesini mengajak anak,istri dan saudara beramai-ramai ke pantai,” ujar Suyati kepada awak media, Rabu (12/6/2019).

Pantau kabartuban.com di lapangan, ratusan masyarakat dari berbagai usia muda sampai tua, berkumpul di pantai untuk berendam sambil menikmati susanana matahari pagi yang bisa menyehatkan badan.

Warga lainnya yang mengkuti tradisi ini, Kamto (43) mengatakan, kegiatan yang  di tiap tahunnya hanya dilakukan oleh masyarakat yang berdekatan dengan makam dari ayah Sunan Ampel saja. Ia menceritakan kalau dulu warga yang memiliki hewan ternak juga akan diikutkan untuk mandi bersama di pinggir pantai.

“Kalau kata orang tua dulu,supaya dosa kita ikut lebur bersama air laut,” tambahnya.

Selain itu, ada beberapa kepercayaan yang ditumbuh ditengah masyarakat sekitar. Konon tradisi yang dilakukan ini bisa mengobati beberapa penyakit, seperti rematik, encok, linu dan beberapa penyakit kulit lainnya. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE