Dolar Menguat, Belum Berdampak pada Harga Kebutuhan Pokok di Tuban

391
Salah satu pedagang kebutuhan pokok di Pasar Baru Tuban.

kabartuban.com – Menguatnya nila tukar mata uang dolar Amerika Serikat (AS)   terhadap mata uang dalam negeri dalam sepekan terakhir tidak banyak berdampak pada aktivitas harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat. Di Pasar Baru Tuban, harga masih terbilang normal dan cenderung stabil.

Harga komoditas sembako seperti beras, minyak goreng, gula pasir, garam, telur dan daging tidak mengalami kenaikan harga. Beberapa diantaranya bahkan mengalami penurunan.

Rumiatun , salah satu penjual, mengaku harga bahan bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih mengalami penurunan. Harga beli bawang putih yang biasanya Rp24 ribu/kg turun menjadi Rp20 ribu/kg. Sedangkan untuk harga beli bawang merah yang tadinya Rp20 ribu/kg kini berkurang menjadi Rp15 ribu/kg.

“Bawang putih turun sudah seminggu yang lalu mas,” ujar Rumiatun kepada Kabartuban.com, Jum’at (7/9/2018).

Ningsih salah satu pedagang daging ayam juga mengaku harga daging ayam potong mengalami penurunan, dari semula Rp35 ribu/kg, kini menjadi Rp30 ribu /kg. Selain itu daging sapi tidak mengalami penurunan masih dipatok dikisaran harga biasa yaitu Rp100-110 ribu/kg.

“Yang turun daging ayam, untuk sapi stabil mas,” tambah Ningsih.

Sementara itu, Sayem, pedagang telur di Pasar yang berlamat di Jalan Gajah Mada ini juga menuturkan, harga telur tidak bergerak naik malah mengalami penurunan yang signifikan, dua minggu sebelumnya harganya Rp24-27 ribu/kg. Namun untuk saat ini hanya Rp20 ribu/kg.

“Ketika Hari Raya Idul Adha kemarin harga sampai Rp27 ribu perkilogramnya mas, tapi sekarang hanya Rp20 ribu/kg,” terangnya. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE