DP Sarankan SDN Minim Siswa Dimerger

775
Minarsih, salah satu guru di SDN Kembangbilo II Kecamatan Tuban kota dengan telaten mengajari muridnya yang hanya terdapat 1 Siswa dikelas 1.

kabartuban.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban hingga saat ini belum mengetahui pasti berapa jumlah Sekolah Dasar Negeri (SDN) pada tahun ajaran baru 2017 ini yang minim mendapatkan siswa baru.

“Memang benar Mas, sepeti di Kecamatan Parengan, namun jumlah keseluruhan belum tahu pasti, masih kita rapatkan,” kata Kepala Bidang Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Tuban, Witono pada kabartuban.com (21/7/2017).

Ia berjanji akan memberikan data pasti dan lebih valid pada hari selasa mendatang, karena ia mengaku saat ini masih banyaknya kegiatan, dan hari ini (siang) dijadwalkan ada rapat dengan Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, terkait hal tersebut.

“Besuk selasa aja ya, hari ini kegiatan masih full mas,” janji Witono.

Kabid TK-SD Dinas Pendidikan yang juga menjadi Plt Kepala Sekolah di SMPN 3 Tuban ini menjelaskan, minim murid baru tersebut karena banyak faktornya, seperti di mungkinkan di daerah tersebut umur anak yang belum mencukupi, kalah dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI), ataupun orang tua lebih memilih menyekolahkan ke sekolah lain karena lebih dekat dengan tempat kerjanya, dan lain sebagainya.

“Kita adakan rembuk pendidikan, supaya nanti bisa menentukan hasilnya, apakah kita dimerger (gabung), Grouping, atau kita pertahankan, kita lihat nanti,” terang Witono.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Tuban, H. Sutrisno Rahmat mengatakan, diharapkan agar secepatnya dinas Pendidikan mencarikan solusi atas minimnya siswa pada beberapa SDN yang ada di Kabupaten Tuban.

Bahkan Sutrisno juga meminta, agar Dinas terkait segera melakukan merger atau penggabungan sekolah tersebut dengan sekolah yang ada di sekitarnya.

“Dinas Pendidikan harus segera merger sekolah tersebut, karena sudah tidak produktif,” terang mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur ini. (Dur)

/