DPP Tuban, Imbau Masyarakat Jeli Memilih Hewan Kurban

202

kabartuban.com – Menjelang Idul Adha 1439 Hijriyah, Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) lewat Bidang Peternakan Kabupaten Tuban mengimbau kepada warga untuk berhati-hati dan teliti dalam memilih hewan kurban.

“Hewan yang dipilih untuk kurban harus dipastikan benar-benar sehat, sehingga ketika dikonsumsi tidak menyebabkan efek negatif,” ujar Imron Choliq, Kabid Peternakan DPP Tuban, di Selasa (14/8/2018).

Menurut dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih hewan kurban. Adapun persyaratan hewan yang layak untuk dikurbankan di antaranya sehat, tidak cacat, dan cukup umur.

“Masyarakat dapat memilih hewan cukup umur, tampak dari giginya, sudah gigi seri. Untuk kambing yang layak jadi hewan kurban yang sudah berusia satu tahun, sapi berusia 1,5 tahun, dan domba dua tahun,” katanya.

Selain melihat gigi, kata dia, bisa juga melihat catatan kelahiran hewan. Sebab, beberapa peternak ada yang mencatat perkembangan hewan sejak lahir. Jika tidak ada, masyarakat dapat meminta penjual menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan yang diberikan Dinas terkait.

Calon pembeli juga bisa menentukan kesehatan hewan kurban dari bulunya yang bersih, mengilap, muka cerah, dan pergerakannya yang lincah.

Selain itu, hewan tersebut memiliki nafsu makan yang baik dan suhu badan normal. Choliq juga berpesan agar warga memastikan bagian lubang mulut, mata, hidung, telinga, dan anus hewan dalam kondisi bersih dan normal.

Hewan kurban juga tidak boleh cacat, seperti pincang, buta, atau telinganya rusak dan dimungkinkan besuk Rabu (15/8/2018) atau lusa petugas akan memeriksa hewan kurban, yang nantinya, DPP akan menentukan mana hewan kurban yang sehat dan layak sehingga tidak membahayakan manusia jika dagingnya dikonsumsi.

“Jika memang layak kurban, hewan tersebut akan diberi sertifikat. Masyarakat bisa memastikan kesehatan hewan kurban melalui surat keterangan kesehatan hewan atau sertifikat tersebut,” terangnya.

Sementara itu, pantauan kabartuban.com di pasar hewan Kabupaten Tuban, tampak terlihat ramai pembeli yang mendatangi pasar tersebut. Mereka datang untuk membeli kebutuhan hewan kurban. (Dur/Rul)

/