EMCL Bersama eL-SAL Gelar Pelatihan Timlak PATRA DAYA

516
Prosesi pelatihan yang diadakan oleh EMCL bekerjasama dengan Yayasan eL-SAL INDONESIA

kabartuban.com – Untuk yang kesekian kalinya, ExxonMobil Cepu Limited ( EMCL ) Bersama Yayasan eL-SAL INDONESIA, mengelar pelatihan bagi warga di delapan desa yang terlibat dalam Tim Pelaksana Kegiatan (TIMLAK) Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat ( PATRA DAYA).

Seperti kemari, (5/9/2018) bertempat di Wisata Kolam Renang Bintang Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, Kegiatan PATRA DAYA di ikuti 32 peserta dari 8 Desa, yaitu Desa Simo, Sokosari, Mentoro, Sumurcinde Kecamtan Soko, Desa Sumberejo Kecamatan Rengel, Desa Trutup, Sumberagung Kecamatan Plumpang, dan Desa Karangagung Kecamatan Palang.

Seperti yang disampaikan oleh Ahmad Shohib, Ketua Umum Yayasan eL-SAL Indonesia bahwa tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kapasitas tim pelaksana terkait manajemen pelaksanaan program, diantaranya materi yang akan diberikan antara lain tugas pokok dan fungsi TIMLAK, administrasi dan pelaporan, pembuatan rancangan anggaran biaya dan Detail Engineering Design (DED).

Tidak hanya itu, beberapa materi lain disampikan, seperti tentang Hakikat pemberdayaan Masyarat yang diisi narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan KB Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan itu, perwakilan EMCL, Joni Wicaksono menyampaikan, program PATRA DAYA adalah Program Peningkatan Kapasitas Masyarakat melalui Perbaikan Sarana Publik yang didanai EMCL atas persetujuan SKK Migas.

Harapan EMCL hasil dari pelatihan adalah terlaksananya pembangunan atau perbaikan fasilitas publik melalui perencanaan dan pembangunan partisipatif dan tersedianya lapangan kerja di desa terutama bagi rumah tangga miskin.

“Kami tidak mengambil peran pemerintah, tapi melalui program ini kami mendukung program pemerintah berjalan seirama dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional, ” terang Joni Wicaksono.

Untuk diketahui, dalam pelatihan yang dibuka oleh Ir. Soesilo Hadi Irwanto Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban ini mengapresiasi pada EMCL yang telah berkontribusi mendukung Pemerintah Kabupaten Tuban dalam pembangunan masyarakat yang berkelanjutan melalui penyediaan sarana dan prasarana publik untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga berharap EMCL dan Pihak Swasta lainnya di Kabupaten Tuban bisa membantu mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) untuk pengembangan ekonomi masyarakat desa,” kata Soesilo Hadi Irwanto.

Sementara itu, salah seorang peserta dari desa Mentoro Kecamatan Soko menuturkan bahwa pelatihan ini dianggap perlu dan penting, karena dengan adanya pelatihan ini, setidaknya persepsi anggota TIMLAK dalam mengelola program menjadi sama.

“Saya sangat berterimakasih kepada ExxonMobil karena dengan adanya bantuan dan program tersebut desa mendapat tambahan dana, selain Dana Desa, sehingga pembangunan dan kesejahteraan masyarakat bisa optimal, “ kata Khumaidi salah satu peserta pelatihan. (Kh)

Apa Komentarmu?

SHARE