Festival Tongklek, Brandingnya IPNU-IPPNU Tuban

Festival Tongklek, Brandingnya IPNU-IPPNU Tuban

1175
SHARE
Salah satu penampilan dari group musik tongklek di alon-alon Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Hujan gerimis tidak mengurangi kemeriahan Festival Tongklek yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Tuban, Rabu (14/6/2017) malam. Puluhan peserta dari berbagai daerah di Bumi Wali itu, akan merebutkan piala bergilir dan uang pembinaan.

Festival Tongklek yang merupakan awal kali diadakan oleh salah satu banom NU 11 tahun yang lalu dari unsur pelajar, atau bisa dikatan PC IPNU-IPPNU adalah pemilik Branding ini, semakin tahun semakin diminati. Hal itu terbukti dengan berjubelnya masyarakat di dolokasi pemberangkatan atau sepanjalan jalan protokol untuk menanti dipingir jalan yang dilintasi peserta Tongklek usai shalat Tarawih.

Dari pantauan kabartuban.com dilapangan, musik yang identik digunakan untuk membangunkan orang sahur itu selain karena misi awal IPNU-IPPNU diadakan kegiatan adalah hal tersebut, lintasannya juga semakin berkembang, utamanya melewati jalur protokol kota Tuban, dengan pemberangkatan dimulai dari alun-alun Tuban.

Sepanjang jalur yang ditentukan paniti diantaranya berjalan menyusuri Jalan RM Suryo menuju Jl. Veteran. Setelah itu, peserta belok ke arah barat atau ke Jl. Basuki Rahmad selanjutnya belok ke utara menuju Jalan Pemuda. Selama dalam perjalanan, peserta dimandatkan untuk melantukan lagu dan tembang religi hingga finish di kantor PC NU Tuban di Jalan Diponegoro.

“Untuk menjamin keamanan, kita sudah meminta bantuan pengamanan dari jajaran Polsek Tuban Kota dan Polres Tuban,” kata ketua PC IPNU Kabupaten Tuban, Sutrisno.

Selain meminta bantuan Polri, alumni STITMA Tuban itu mengaku juga meminta bantuan pasukan elit Gerakan Pemuda Ansor yang akrab disebut Banser. Ketua PC IPNU Tuban periode 2016-2018 itu, menjelaskan hingga acara usai berjalan dengan lancar.

“Selain Polri dan Banser, kita juga dibantu pasukan keamanan Pagar Nusa dan CBP IPNU Tuban,” kata pelajar NU asal Widang Tuban itu.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, HM.Miyadi, S.Ag dalam sambutannya menyatakan dukungan atas terselenggaranya festival yang merebutkan uang pembinaan, tropi, dan piala IPNU-IPPNU bergilir berharap dapat melestrikan budaya Tongklek.

“Mudah-mudahan acara berjalan lancar tanpa halangan sesuatu apapun,” harap wakil rakyat itu dalam sambutannya, sebelum pemberangkatan.

Ditempat terpisah, mantan Ketua PC IPNU Muhimmudin, S,.Ag saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa, sebelum marak digelar Musik Tongklek di Bumi Wali yang dulu hanya mengunakan peralatan musik seadanya dan terkesan natural, akan tetapi alunan musik dan syarir yang dibawakan bisa dinikmati oleh masyarakat.

Festival Tongklek itu Brandingnya IPNU-IPPNU, belum ada yang memunculkan Festival sesemarak seperti ini sebelum IPNU-IPPNU pada 12 atau 11 tahun yang lalu,” kata Muhimuddin.

Berdasarkan info yang diterima Kabartuban.com dari dewan penyelenggara, Juara I akan meraih Piala bergilir dan uang pembinaan Rp2 juta. Sementara juara II akan menapat tropi dan uang pembinaan Rp1,5 juta. Sedangkan untuk juara III akan mendapat uang pembinaan Rp1 juta dan tropi. (Dur)

Apa Komentarmu?