Fotografer Tuban, Juara Photohunt 2017  Semen Indonesia

kabartuban.com – PT Semen Indonesia ajak puluhan pecinta fotografi (Fotografer) ke area pabrik Semen Gresik, di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Mereka mengelilingi kawasan tambang dan pasca tambang yang sudah dikelola perusahaan dengan prinsip industri hijau.

Kegiatan yang di ikuti puluhan fotorhrfer dari berbagai kota di Indonesia tersebut, merupakan kegiatan pengambilan foto oleh peserta lomba yang sebelumnya sudah melalui penjaringan dari sedikitnya 548 peserta seluruh Indonesai.

Kegiatan lomba fotografi bertajuk Green Industry Photohunt 2017 itu diselenggarakan selama dua hari, terhitung sejak Kamis (18/5/201) hingga Jumat, (19/5/2017) sore tadi.

Rizkan Candra, Direktur Utama Semen Indonesia dalam siaran persnya mengatakan, kegiatan lomba tersebut merupakan wadah belajar dan berlomba bagi fotografer, serta sarana edukasi tentang pengelolaan lingkungan pasca tambang pada industry semen.

“Dimasa yang akan datang, Semen Indonesia Industry Potohunt  diharapkan mampu menjadi cikal bakal ajang fotografi bergengsi serta menjadi icon industry hujau,” kata Rizkan (19/5/2017).

Selama dua hari, 25 fotografer yang sebelumnya telah mengikuti penjaringan ketat dari ratusan peserta se Indonesia tersebut,  melakukan pengambilan foto dilingkungan pabrik dan kawasan tambang serta pasca tambang, hingga proses pembenihan tanaman untuk kegiatan penghijauan pasca tambang.

Adapun kompetisi tersebt merebutkan hadiah total Rp40 juta rupiah dengan menghadirkan fotografer nasional seperti Yuyung Abdi dan Oskat Tamullah sebagai juri.

Dalam penjurian sore tadi, di kantor Semen Gresik Tuban, keluar sebagai pemenang Gofur Eka freianto, fotografer asal Kabupaten Tuban, dengan foto yang cukup menarik perhatian para juri, antara kombinasi lapangan hijau hasil reklamasi dan aktifitas penambangan sebagai bagroundnya.

“Saya tidak menyangka tapi senang, foto ini yang menang, dari beberapa foto, saya malah berfikirnya ini pilihan terakhir dan malah yang paling sesuai tema,” kata Gofur.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan foto ini menjadi sarana pendidikan kepada masyarakat, jika pabrik semen yang selama ini dianggap mengeksploitasi saja, ternyata juga melakukan reklamasi dan penghijauan untuk recovery lingkungan.

“Kalau kita lihat foto saya sederhana, namun ini  menjadi edukasi bagi masyarakat jika semen Indonesia memiliki tanggungjawab soal lingkungan, artinya tidak hanya mengeksploitasi namun juga melakukan penghijauan sebagai recovery lingkungan,” katanya. (Luk)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close