Guna Cegah Konflik Pemilu, Pemkab Tuban Gelar Dialog Demokrasi Tuban Damai

dialog cegah konflik dan Pemilu bersih_1 001kabartuban.com – Dalam rangka mewujudkan pemilu bersih tanpa konflik. Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggelar pertemuan bersama seluruh caleg dan pengurus parpol peserta pemilu 2014. Selain penyatuan visi misi Tuban Damai, dalam pertemuan tersebut dibahas pula tentang pemahaman aturan kampanye yang kian marak dilanggar oleh sejumlah  caleg maupun parpol.

Pertemuan dipimpin langsung oleh Bupati Tuban, H Fatkhul Huda dan Wakil Bupati Tuban, H Noor Nahar Husein dan berlangsung di aula Pendopo Krido Manunggal Tuban. Terdapat beberapa poin bahasan dalam pertemuan yang bertajuk Dialog Demokrasi Tuban Damai ini. Salah satunya terkait penyatuan visi misi menuju Tuban Damai serta pemahaman dan sosialisasi terkait Peraturan Pemilu 2014 pada 9 April mendatang.

Pemahaman terkait aturan pemilu dipaparkan langsung oleh Ketua KPU Tuban, Soemito Karmani dan Ketua Panwaslu Tuban, Sulamul Hadi. Bentuk pemahaman dan sosialisasi ini diberikan terkait masih banyaknya pelanggaran pemasangan atribut kampanye yang dilakukan sejumlah caleg maupun parpol peserta pemilu di Tuban.

Dalam pembahasan tersebut, masing – masing perwakilan parpol diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan juga ide kreatif agar tidak terjadi kesalahfahaman dalam menerjemahkan aturan pemilu. Pasalnya banyak diantara bentuk pelanggaran dilapangan sering kali justru terjadi akibat adanya kesalahan persepsi terkait aturan pemilu.

Pasca pertemuan, Bupati Tuban, H Fatkhul Huda menyatakan maksud dari pertemuan ini adalah dalam upaya mewujudkan pemilu yang jujur dan bersih menuju Tuban Damai dan Kondusif.

Adapun menaggapi hal ini, Ketua Panwaslu Tuban, Sulamul Hadi mengaku kegiatan semacam ini, dinilai penting mengingat hingga kini masih banyak dijumpai bentuk bentuk pelanggaran baik oleh parpol maupun caleg.

Selain menghadirkan seluruh caleg dan pengurus parpol peserta pemilu, hadir pula perwakilan dari Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban, serta perwakilan dari anggota FORPIMDA yang lain seperti Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, serta para camat dan staff kedinasan Pemerintah Kabupaten Tuban. (af)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close