Hardiknas ; Bangkitnya Generasi Emas Indonesia

kabartuban.com – Rabu (2/5), Dengan tema “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”, Hari Pendidikan Nasional 2012 diperingati dengan spirit baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh. Pagi tadi, Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2012 di alon – alon kota Tuban. Bertindak sebagai perwira upacara adalah Drs. H. Sutrisno, M.M Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga dan sebagai Inspektur upacara adalah Bupati Tuban H. Fathul Huda.

Dalam kesempatan ini, Bupati membacakan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam pidato yang dibacakan bupati tersebut, Mendiknas menyatakan bahwa “Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012 ini adalah Bangkitnya Generasi Emas Indonesia. Tema ini sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita, yaitu Ki Hajar Dewantoro, yang pada hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional”.

Lebih lanjut disampaikan dalam pidato tersebut, “Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistemiatis, yang memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal secara masif. Untuk itu, mulai tahun 2011 telah dilakukan gerakan pendidikan anak usia dini, penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar, penyiapan pendidikan menengah universal (PMU) yang insya Allah akan dimulai tahun 2013”.

Selain dari pidato Mendiknas, Bupati menambahkan bahwa sekarang pemerintah Kabupaten Tuban menerapkan “Tuban Santun” terkait dunia pendidikan di Kabupaten Tuban. Hal ini akan dimulai pada pengumuman kelulusan nanti. Dalam pidatonya Bupati mengatakan, “Bersyukur itu harus, tapi juga harus menggunakan cara yang benar”.

Bupati berharap di pengumuan kelulusan nanti tidak ada lagi siswa yang melakukan konvoi, corat coret dan pesta minuman keras yang selama ini banyak dilakukan pada setiap masa pengumuman kelulusan. Hal inilah yang dimaksud Bupati sebagai “Tuban Santun”.

Hadir pula dalam upacara Hardiknas tadi pagi, Ketua DPRD Tuban, Kepala Kejaksaan Negeri Tuban,  Kapolres Tuban, Komandan Kodim Tuban, dan Kepala Pengadilan Negeri Tuban. Acara yang dihadiri seluruh perwakilan insan pendidikan itu juga diwarnai dengan penampilan tari anak – anak dan penganugerahan penghargaan bagi beberapa siswa sekolah. (iim)

 

 

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close