Hari Pertama UNBK, Bupati Huda Lakukan Sidak

261
Bersama Kakankemeng Tuban, Drs. H Sahid, MM, Bupati Tuban, H Fathul Huda saat Sidak di SMKN 2 Tuban.

kabartuban.com – Bupati Tuban, H Fathul Huda lakukan sidak pada sejemlah lembaga pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di Kabupaten Tuban, dihari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (09/04/2018).

Dalam sidak, Bupati Huda mengingatkan kepada seluruh peserta UNBK untuk berlaku jujur dan tidak curang saat mengerjakan soal. Sebab, menurut Bupati, system ujian yang digunakan saat ini secara online.

“Dalam UNBK adalah proses latihan kejujuran, oleh karena itu, siswa harus persiapkan jauh hari sebelumnya,” kata Bupati Huda, saat berada di SMKN 2 Tuban.

Meski saat ini kewenangan pendidikan menengah atas berada di Provinsi, pemerintah daerah tetap turut berupaya menjamin pelaksanaan ujian berjalan tertib dan lancar, salah satunya berkoordinasi dengan PLN setempat, agar tidak ada persoalan listrik saat ujian nasional komputer berlangsung.

“Melihat pelaksana tertib semua, kami sudah koordinasi dengan PLN agar tidak ada kendala listrik selama ujian,“ kata Bupati Huda.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Tuban, Anis Afandi mengatakan ada 266 peserta, yang melaksanakan UNBK, yakni dari siswa SMAN 2, ditambah 9 siswa dari sekolah lain yang belum dapat menyelenggarakan ujian sendiri.

“Kita bagi menjadi tiga sesi, memang komputer belum mencukupi untuk melaksanakan satu sesi sekaligus,” kata Anis.

Ditanya kesiapan sekolah saat kemungkinan listrik padam, Anis mengaku sudah menyiapkan genset, selain sudah berkoordinasi dengan pihak PLN.

“Ada genset, disamping itu, pemerintah juga sudah berkoordinasi dengan PLN, mudah- mudahan aman,” lanjutnya. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE