Hujan Pada Dataran Tinggi, Wilayah Kota Dapat Kiriman Banjir

390
Tampak genangan air banjir di Jl. Ledta Sucipto, di Kelurahan Perbon, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Hujan yang mengguyur pada wilayah dataran tinggi siang tadi, mengakibatkan daerah pemukiman penduduk di Kelurahan Perbon, Kecamatan/Kabupaten Tuban terpendam banjir, Jum’at (14/12/2018).

Genangan air yang datang mencapai sekitar 20 centimeter, datang sekitar pukul 20.00 WIB secara tiba-tiba. Tidak hanya rumah warga, air juga meluber ke jalan Letda Sucipto Tuban. Sehingga pengguna jalan yang melintas harus berhati-hati karena, derasnya air yang mengalir.

Menurut pengakuan warga setempat, Rasimin kalau banjir seperti ini sudah menjadi langganan, karena drainase yang berada sekitar rumahnya terlalu sempit, sehingga tak cukup menahan derasnya air hujan yang turun dari dataran tinggi.

“Ini mendadak ada banjir, tadi tiba-tiba langsung air meluber dari saluran air,” kata Rasimin kepada awak media.

Pria yang berumur 70 tahun ini mengaku dan menceritakan, kalau banjir kali ini, tak sedahyat tahun 2000 silam, yang menghayutkan isi rumahnya.

“Dulu rumah malah hanyut kena air, pada tahun 2000, untung dibantu tetangga, dikasih pakaian bekas,” tambahnya.

Senada juga dikatakan, Rasmi yang juga terdampak banjir kiriman mengatakan, kalau banjir-banjir sebelumnya surutnya agak lama, tidak tahu kalau genangan kali ini, biasanya kalau daerah dataran tinggi hujan lebat, dampaknya ke wilayah tempat tinggalnya.

“Tidak tahu kalau kiriman ini mas, kalau dulu lumayan lama,” kata Rasmi.

Pantauan kabartuban.com, ada enam rumah warga yang tergenang air banjir kiriman, mereka memilih menunggu diluar rumah, sambil menunggu banjir surut. (Dur/Rul)

/