Hujan Tiga Jam, Jalan Rayan Montong Tergenang

982
Para penguna jalan yang nekat menerobos genangan banjir di jalan raya Montong.

kabartuban.com- Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban membuat sejumlah desa di wilayah tersebut diterjang banjir. Setidaknya terdapat tiga titik akses jalan raya di Kecamatan Montong tergenan dan membuat aktifitas warga sedikit terganggu.

Seperti jalur utama Kecamatan Montong menuju Kecamatan Merakurak di Desa Pucangan, jalur Montongsekar menuju Tanggulangin dan jalur Montongsekar menuju Desa Pakel tergenang akibat karena penampungan air dan lahan pertanian diwilayah tersebut juga meluap tadi pagi (16/03/2017).

Diterangkan sebelum banjir hujan, terjadi hujan lebat mulai pukul 23.00 Wib hingga hingga pukul 01-00 dini hari. Akibatnya, aliran sungai yang melintas Desa Puncangan tidak mampu menampung debit air hingga meluber ke jalan raya di perempatan Desa setempat.

“Pagi tadi diperempatan ini hampir sepaha orang dewasa, sekarang sudah mending kendaraan sudah bisa lewat,” kata Zaki Warga Pucangan ((16/03/2017).

Menurut Zaki, luapan air hujan ini yang mengenangi jalan utama Kecamatan Montong merupakan air kiriman dari wilayah selatan seperdi Desa Bringin, Kebonagung dan Desa Jetak yang pisisinya lebih tinggi.

“Dari wilayah selatan mas, Bringin, Maindu hujanya juga sangat deras,” katanya.

Banjir tidak hanya terjadi di Desa Pucangan, di Desa Montongsekar genangan air juga menutup akses jalan penghubung desa Montong sekar dan Desa  Tanggulangin. Ditempat ini hampir kedaraan roda dua yang nekat melintas mati karena tingginya genangan.

“Mogok mas, mau lewat airnya tinggi sekali,” ujar seorang pelajar SMA yang akan berangkat sekolah melintasi banjir.

Karena tidak memungkinkan, sebagian besar kendaraan para pelajar ini diparkir dipinggir jalan dan sejumlah pelajar menyeberang dengan jalan kaki. Sementara sebagian lainya diangkut menggunakan kendaraan Patroli Polsek Montong untuk menyeberangi banjir. (Luk)

/