Ikan Asap Laris Diburu Pemudik

175

kabartuban.com – Musim mudik lebaran 2018 menjadI berkah bagi Pedagang Ikan asap yang berada di Jalan Panglima Sudirman, kawasan Kelurahan Karangsari, Kecamatan/ Kabupaten Tuban. Dagangan ikan mereka laris manis menyusul banyaknya pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut, berhenti membeli ikan asap untuk oleh-oleh keluarga dikampung halaman.

Rusmina, salah satu penjual ikan asap mengaku, meski harga ikan lebih mahal dari biasanya, hal itu tidak mengurangi minat pemudik untuk membeli ikan asap para pedagang di jalan Panglima Sudirman, Tuban itu. Bahkan beberapa hari menjelang lebaran ini, penjualan meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasanya.

“Naik tiga kali lipat, biasanya sehari laku 8 sampai 10 sudah bagu, sekarang bisa 25 hingga 30 lebih terjual,” kata Rusmina.

Pedagang ikan itu menjelaskan, selain ikan asap yang menjadi primadona bagi para pemudik, olahan laut lain juga cukup diminati pemudik yang melintas di jalur pantura Tuban itu, seperti trasi dan ikan asin yang juga laris manis dibeli pemudik.

“Ini ada terasi dan ikan asin mas, itu juga sering di borong kalau musim pemudik gini,” katanya.

Sementara itu, Resti, pemudik asal Jakarta mengatakan, membeli ikan untuk keluarganya di Malang. Resti yang setiap tahun pulang kampung tidak pernah lupa membawakan oleh-oleh ikan atau terasi dari Tuban. Dia mengaku sudah tiga atau empat tahun ini setiap pulang kampung membawa terasi dan ikan asap dari Tuban untuk keluarganya di Malang.

“Banyak olahan ikan seperti ini, tapi saya suka beli disini, sengaja memang beli oleh-oleh buat keluarga di Malang,” jelas Resti.

Di lokasi, tidak sedikit kendaraan yang berhenti dipinggir jalan untuk membeli ikan asap yang dijajakan dipinggir jalan, dengan payung berwarna warni tersebut. Meski tidak dipungkiri terkadang aktifitas jual beli menganggu arus lalulintas karena kendaraan pembeli berhenti di badan jalan. (Hon)

Apa Komentarmu?

SHARE