IKM Tumbuh 8 Persen, Industri Besar Belum Banyak Berdampak

90
Edi Sukirno, Kepala Bidang Peindustrian, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban

kabartuban.com – Tahun 2017 ini, Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupatent Tuban tumbuh sekitar 8 persen di banding tahun sebelumnya. Angka tersebut menunjukan adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin menguat, seiring dengan tumbuh dan berkembangnya forum usaha kecil dewasa ini.

“Tahun lalu tercatat 11 ribuan IKM, hingga oktober ini sudah 12 ribu, jadi ada kenaikan 1.000 an IKM,” kata Edi Sukirno, Kepala Bidang Peindustrian, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban (14/11/2017).

Menurut Edi, faktor pendukung berkambangnya IKM di Tuban adalah, kuatnya forum UKM, yang kemudian terorganisir dengan baik mendorong kuatnya pemasaran produk IKM. Hal tersebut berdampak pada gairah industri kecil menengah di Tuban.

”Forum forum UKM ini kemudian berorganisasi, mereka ini terorganisir semakin eksis pemasaran melalui pameran dan sebagainya,” terang Edi.

Menut Edi, industri  kecil yang mendominasi pertumbuhan industri kecil adalah produk makanan, kemudian kerajinan dan sandang. Sejauh ini industri minuman tidak terlalu pesat.

“Paling mendominasi sektor makanan, kalau minuman masih kalah dengan kerajinan dan sandang meski ada beberapa,” klaim Edi

Lebih lanjut, meski di Tuban terdapat industri besar dengan nilai investasi cukup besar, rupanya tidak terlalu berdampak bagi petumbuhan industri kecil di daerah ini.

“Industri besar itu belum membei dampak cukup baik sektor IKM,” pungkas Kepala Bidang Peindustrian, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE