Jadek dan Massal Mandiri, Mudahkan Masyarakat Dapat KTP

326

kabartuban.com – Untuk mendukung gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tuban terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya diwujudkan dengan melakukan beberapa inovasi agar pelayanan semakin mudah dan tidak menyulitkan warga.

Menurut Kepala Dinas Dukcapil Tuban, Agus Priyono, Ada beberapa program yang saat ini telah dan akan dilaksanakan Dukcapil, diantaranya adalah Program Jadek (Jauh jadi dekat) dan pelayanan administrasi kependudukan Massal Mandiri, yang dapat dilakukan masyarakat dengan cara membentuk kelompok, minimal 50 orang atau 50 dokumen, untuk mendapatkan pelayanan secara langsung oleh petugas pencatat.

“Masyarakat dapat mengusulkan, nanti kami yang akan datang untuk melakukan perekaman,” Kata Agus.

Menurut Agus, program yang dilaksanakan Dukcapil saat ini diklaim lebih memudahkan masyarakat karena sudah memangkas cara cara lama yang pancang dan rumit.

“Melalui program jadek, masyarakat juga tidak perlu ke Kantor Kependudukan kabupaten, cukup ke desa nanti pihak desa yang akan mengupload, data, jika sudah terverifikasi data akan diproses dan penerbitan dokumen kependudukan akan langsung dilaksanakan,”

Lebih lanjut, proses pendaftaran, pembuatan hingga penerbitan dokumen kependudukan dilakukan secara transparan, dan secara langsung dapat di ikuti masyarakat. Dengan begitu akan dapat menghindari pungli yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab

“InsyaAllah Program ini akan memudahkan masyarakat, kami transparan dan program itu kami lakukan tanpa memungut biaya apapun dari masyarakat alias gratis,” imbuh Agus

Sementara itu, salah satu pemohon Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik) yang mengaku bernama Didi, pelayanan kependudukan saat ini cukup singkat, jika semua persyaratan cukup maka data kependudukan akan langsung didapat pemohon.

“Kalau lengkap langsung di proses mas, kalau kembali paling ada kekurangan syarat,” katanya saat mengantri di ruangan pelayanan. (ADV/ Luk)

/